1.200 Orang dengan Risiko Covid-19 di Brebes Mengikuti Uji Swab

1.200 Orang dengan Risiko Covid-19 di Brebes Mengikuti Uji Swab

1.200 Orang Dengan Risiko (ODR) virus corona (Covid-19) di Kabupaten Brebes menjalani uji swab. Ribuan ODR yang diuji swab tersebut merupakan hasil skrining yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes terhadap ODR yang ada di Brebes yang mencapai 21 ribu orang.

Kepala Dinkes Kabupaten Brebes dr Sartoni mengatakan, 1.200 ODR tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Karenanya, pengambilan uji swab dilakukan oleh 38 puskesmas yang ada di Brebes.

"Sehari itu tiap puskesmas ditarget mengambil sampel 5 sampai 10 orang ODR. Sampel usap tenggorokan ini kemudian dikirim ke Labkesda Provinsi Jawa Tengah untuk dites metode PCR," ungkapnya.

Dijelaskannya, warga yang masuk ODR itu seperti penderita TBC, Diabetes Melitus (DM), hipertensi dan juga tenaga kesehatan. Pengecekan uji swab tersebut telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

"1.200 yang masuk ODR ini jadi prioritas dalam uji swab ini. Misalnya itu tadi orang dengan penderita DM, hipertensi, tenaga medis dan penderita TBC," jelasnya.

Untuk diketahui, katanya, total ada 21 ribu ODR di Brebes. Jumlah itu terdiri dari, 16 ribu penderita diabetes lansia dan 5.000 penderita TBC. Ke-21 ribu ODR itu telah diskrening melalui tes rapid.

"Hasil dari rapid test itu ada 1.200 yang perlu kita lanjutkan ke uji swab. Dan hasilnya masih menunggu," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: