Dua Dokter Terkonfirmasi Positif, 61 Orang di Brebes Jalani Uji Swab

Dua Dokter Terkonfirmasi Positif, 61 Orang di Brebes Jalani Uji Swab

Sebanyak 61 orang menjalani pemeriksaan swab oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, Jumat (21/8). Swab tersebut menyusul adanya dua dokter yang merupakan pasangan suami isteri (salah satunya bertugas di puskesmas) terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, pemeriksaan swab tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di mana, uji swab itu dilakukan di tiga tempat yang berbeda.

"Pertama di puskesmas tempat dokter tersebut bekerja, kedua di tempat praktik dan ketiga di lingkungan keluarga keduanya," jelasnya.

Dijelaskan, untuk di puskesmas sendiri seluruh karyawan sebanyak 46 orang dilakukan pemeriksaan swab. Sementara di tempat praktik, sedikitnya ada 10 orang di waktu yang sama.

"Sementara untuk di keluarga yang kontak erak dengan dokter tersebut kita lakukan uji swab sebanyak lima orang. Jadi total ada 61 orang yang kita lakukan uji swab," jelasnya.

Diterangkan, uji swab tersebut dilakukan kepada mereka yang sempat bertemu ataupun berkontak erat dengan keduanya di berbagai tempat. Baik di tempat praktik maupun di puskesmas.

"Hingga saat ini keduanya sudah melakukan isolasi dan dalam penanganan tim medis," ucapnya. 

Seperti diinfokan, pasien positif dokter itu memiliki riwayat penyakit batuk pilek sudah 10 hari. Kemudian di-swab di Puskesmas Kalimati dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. (ded/ima)

Sumber: