Libur Panjang, 78.114 Kendaraan Sudah Tinggalkan Jakarta

Libur Panjang, 78.114 Kendaraan Sudah Tinggalkan Jakarta

Kemudian, pengelola wisata juga harus menyediakan sarana mencuci tangan di banyak titik, merenggangkan jarak antara pengunjung, dan mengawasi pengunjung agar memakai masker di tempat umum.

“Ini tanggung jawab kita semua. Kapasitasnya hanya 50 persen, jaga jarak, sediakan tempat cuci tangan, pakai masker, demikian pula anggota masyarakat harus betul-betul disiplin,” kata Wiku.

Wiku mewanti-wanti agar pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di beberapa lokasi wisata selama liburan HUT RI pada 17 Agustus 2020 lalu tidak terulang lagi.

“Misalnya di Bukit Besak Sumatera Selatan ada 6.000 pendaki saat liburan 17 Agustus. Kami lihat di Pantai Pangandaran, Jawa Barat juga berkerumun, pendaki di Gunung Bawakaraeng Makassar, Sumatera Selatan ada 6.000 pendaki. Ini tidak terapkan berjaga jarak,” ujar dia.

“Jangan sampai prestasi (prestasi penanganan,-red) yang sudah kita capai, jangan sampai rusak karena keteledoran atau ketidakdisiplinan kita semua,” Wiku menambahkan.

Hingga Kamis ini, jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Per hari ini terdapat penambahan 2.266 kasus terkonfirmasi sehingga total menjadi 147.211 kasus pasien positif COVID-19, dengan 100.674 pasien telah sembuh dan 6.418 kasus pasien meninggal dunia.

Berdasarkan laporan data pada akun Twitter @BNPB_Indonesia, Kamis (20/8) sore, DKI Jakarta mencatat kasus baru terbanyak dengan jumlah penambahan 594, sehingga total ada 31.610 kasus.

Penambahan kasus terbanyak kedua hari ini ada di Jawa Timur. Di mana ada 371 kasus baru, dengan total ada 29.257 kasus terkonfirmasi positif. Sedangkan tiga wilayah lain mencatat penambahan 100 lebih kasus baru yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, wilayah dengan jumlah pasien sembuh harian paling banyak per hari ini adalah DKI Jakarta dengan penambahan 724 orang dan Jawa Timur 409 kasus. (gw/zul/fin)

Sumber: