Datang ke Brebes, Menaker Ida Fauziyah Dicurhati Keluarga Pekerja Migran yang Bermasalah

Datang ke Brebes, Menaker Ida Fauziyah Dicurhati Keluarga Pekerja Migran yang Bermasalah

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah datang ke Kabupaten Brebes untuk silaturahmi dengan para awak kapal dan keluarganya, Selasa (18/8). Dalam kunjungan tersebut, menaker menerima curhatan dari keluarga Pegawai Migran Indonesia (PMI) yang sedang mengalami masalah.

Salah satu keluarga dari PMI yang sedang mengalami masalah yakni Suhermi, keluarga PMI dari Cirebon. Dirinya mendapatkan kabar bahwa anaknya telah meninggal dunia kurang lebih tiga bulan yang lalu. Namun, hingga saat ini dirinya belum tahu pasti keberadaan jasad anaknya.

"Anak saya dilaporkan meninggal dunia, tapi sampai saat ini jasadnya belum juga ditemukan. Saya minta tolong Bu Menteri bisa mengeceknya," ungkapnya saat diberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhannya.

Senada dengan Suhermi, keluarga PMI dari Pemalang, Rustiningsih menuturkan bahwa suaminya dinyatakan meninggal dunia lantaran kecelakaan kerja pada 2013 lalu. Namun, hingga saat ini dirinya belum mendapatkan asuransi dari pihak PT yang memberangkatkan suaminya tersebut.

"Saya minta keadilannya. Suami saya dinyatakan meninggal pada 2013 lalu. Tapi, sampai saat ini belum mendapatkan asuransi," akunya.

Ditambahkannya, dirinya pernah dijanjikan asuransi akan dicairkan pada 2017 lalu. Namun, ada salah satu oknum yang akan membantu, dengan akomodasi secara keseluruhan minta ditanggung keluarga Rustiningsih.

"Saya mohon Ibu Menteri bisa membantu masalah ini. Sebab, saya masih ada anak yang butuh biaya," ucapnya.

Sementara itu, Menaker RI Ida Fauziyah mengaku prihatin dan akan berusaha membantu permasalahan yang dialami oleh para keluarga PMI. Menurutnya, permasalahan tersebut bukan hanya di Brebes, melainkan di daerah lain juga.

"Kita dari Kementerian dan pemerintah daerah akan mencoba membantu permasalahan ini. Sebab ini tidak hanya terjadi di Brebes, tapi di daerah lain juga," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: