154 SMP di Brebes Dibuka Lagi, Satu Kelas Hanya Diisi 15 Siswa

154 SMP di Brebes Dibuka Lagi, Satu Kelas Hanya Diisi 15 Siswa

154 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Brebes, Selasa (18/8), mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

"Berdasarkan persetujuan pemerintah pusat dan kepala daerah, 154 SMP negeri dan swasta hari ini mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," ungkap Bupati Brebes Idza Priyanti saat memantau pelaksanaan PTM perdana di SMPN 2 Brebes, Selasa (18/8).

Bupati menyebut 154 SMP itu  terdiri dari 77 SMP negeri dan 77 swasta. Sebelum proses PTM, seluruh siswa diwajibkan mendapat persetujuan orang tuanya.

"Jika orang tua tidak menyetujui anaknya ikut PTM, siswa itu bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ)," terangnya.

Orang Nomor Satu di Kota Bawang Merah mengungkapkan, proses pelaksanaan PTM dilakukan dengan sistem shift. Satu ruangan kelas, papar Bupati, hanya diisi 15 siswa mulai nomor urut 1-16.

"Jadi tidak semua siswa masuk hari ini. Siswa akan diatur jadwalnya, kurang lebih seminggu masuk tiga kali (bergantian) harinya. Sehingga, hari ini PTM dan besoknya PJJ, seperti itu terus selanjutnya," katanya.

Meski sudah mulai PTM, imbuhnya, seluruh sekolah harus tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan dengan ketat. Di antaranya, menyediakan tempat cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, hingga mengecek suhu badan siswa saat masuk ke sekolah.

"Saya lihat persiapannya sudah cukup baik. Tadi ada tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan kesiapan protokol lainnya. Semoga PTM ini bisa berjalan dengan baik," pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: