Koeman Akan Latih Barca, Kompany Pilih Anderlecht

Koeman Akan Latih Barca, Kompany Pilih Anderlecht

Diam-diam legenda Barcelona dan Belanda, Ronald Koeman terlihat di Bandara Barcelona. Penampakannya pun menjadi bahan perbincangan sejumlah media, di antaranya Marca, Senin (17/8).

Santer beredar kabar, Koeman bakal mengisi kursi pelatih Barcelona setelah presiden klub, Josep Maria Bartomeu memecat Quique Setien menyusul kekalahan memalukan 2-8 atas Bayern Munchen di Liga Champions.

”Setien sudah bukan lagi pelatih kami,” ucap Bartomeu kepada salah satu media Spanyol, Cadena COPE pada Minggu (16/8).

Sedangkan menurut Daily Mail dan Marca, Ronald Koeman sudah terlihat berada di Barcelona, Spanyol pada Minggu waktu setempat. Kedatangan pria 57 tahun tersebut memperkuat rumor bahwa ia bakal menjadi pelatih Blaugrana selanjutnya.

Sebelumnya, nama-nama seperti Xavi Hernandez, Mauiricio Pochettino hingga Laurent Blanc, dikabarkan menjadi kandidat calon pelatih Barca.

Pochettino menjadi nama pertama yang muncul dalam perburuan pelatih. Nama Mauiricio awalnya menjadi kandidat terkuat karena ia tak memiliki tim.

Sedangkan Ronald Koeman yang masih menangani timnas Belanda. Koeman masih memiliki tugas untuk membawa Tim Oranye berjaya di Piala Eropa 2020 yang bakal berlangsung tahun depan.

Begitu juga Xavi Hernandez yang baru saja memperpanjang kontraknya di Al-Sadd sampai Juni 2021 mendatang. Selain nama-nama pelatih di atas, Barcelona dikabarkan juga mempertimbangkan menunjuk Javier Garcia Pimenta yang saat ini melatih Barcelona B.

Sementara kabar lainnya muncul, bahwa Vincent Kompany telah mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola dan selanjutnya mengambil alih posisi manajer penuh Anderlecht.

Pesepak bola berusia 34 tahun yang telah berbagi tugas menangani tim utama bersama Frank Vercauteren, akan menjadi pelatih kepala selama empat musim mendatang.

Kompany bergabung dengan Anderlecht sebagai manajer pemain pada Mei tahun lalu setelah menghabiskan waktu 11 tahun bersama tim Liga Premier Inggris, Manchester City.

Ia berhenti dari perannya di manajemen tiga bulan kemudian untuk konsentrasi bermain.

Anderlecht finis di urutan delapan dalam Pro League Belgia musim lalu dengan Kompany tampil 15 kali. ”Saya ingin berkomitmen sepenuhnya pada peran saya sebagai pelatih dan membutuhkan 100 persen waktu dan fokus saya untuk itu,” kata Kompany seperti dikutip Reuters.

”Saya ingin tetap bersama klub selama sedikitnya empat musim dan membuktikan bahwa Anderlecht bisa memainkan gaya sepak bola modern, dengan hasil," imbuh Kompany.

Sumber: