Selisih Dua Menit, Bayi Kembar di Brebes Lahir Tepat di Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Selisih Dua Menit, Bayi Kembar di Brebes Lahir Tepat di Peringatan Kemerdekaan Indonesia

Banyak momen menarik di setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Tak terkecuali peringatan HUT RI ke-75 tahun ini. Dua bayi kembar di Kabupaten Brebes lahir tepat pada peringatan HUT RI.

Informasi yang diterima di lapangan, kedua bayi kembar tersebut lahir di Rumah Sakit Bhakti Asih (RSBA) Brebes. Kedua bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki dan langsung ditangani oleh dr Bagus Prakosa Sp Og, spesialis kandungan.

Direktur RSBA dr Khosiatun Azmi MMR membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, di hari kemerdekaan kali ini ada empat bayi yang dilahirkan dengan selamat. 

"Selain bayi kembar, ada dua bayi lagi yang lahir tepat dengan kemerdekaan Indonesia. Satu dengan operasi dan satunya normal," jelasnya.

Dokter Azmi, sapaan akrab direktur RSBA menyebutkan, kedua bayi kembar tersebut merupakan anak dari pasangan Siti Romlah dan Komarudin. Keduanya lahir dengan selisih dua menit saja.

"Untuk bayi pertama itu lahir pada pukul 8.58 WIB sedangkan satunya lahir pada pukul 09.00 WIB. Jadi hanya selisih dua menit saja," jelasnya.

Dia menambahkan, kedua bayi kembar tersebut lahir dengan usia kandungan 38 minggu. Keduanya memiliki berat badan terpaut satu ons. Bayi pertama memiliki berat badan 1,5 kg dan bayi kedua memiliki 1,6 kg.

"Secara keseluruhan, kedua bayi kembar itu beserta ibunya dalam kondisi yang sehat. Hanya saja, dengan berat badan yang kurang, kedua bayi itu harus menjalani observasi. Tapi secara keseluruhan sehat semua," ucapnya.

Sementara itu, Komarudin, ayah bayi kembar itu mengaku senang anaknya bisa lahir tepat di hari kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, kelahiran tersebut tidak direncanakan sama sekali.

"Sama sekali tidak direncanakan. Namun, saya bersyukur bayi ini bisa lahir dengan selamat di peringatan HUT RI ke-75. Semoga kelak bisa berguna bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Sebelumnya, ada tiga bayi lain di RSUD Brebes yang lahir tepat pada hari kemerdekaan. Total ada tujuh bayi di dua rumah sakit (RSBA dan RSUD Brebes) yang lahir tepat di hari kemerdekaan. (ded/ima)

Sumber: