Juara Piala Liga Prancis, PSG Raih Treble Domestik Musim Ini

Juara Piala Liga Prancis, PSG Raih Treble Domestik Musim Ini

Paris Saint-Germain (PSG) berhasil menjuarai Piala Liga Prancis di musim 2019/20 setelah mengalahkan Lyon melalui adu penalti dengan skor 6-5 (0-0) di Stade de France, Sabtu (1/8/2020) dini hari WIB.

Kemenangan itu memastikan PSG menyabet treble domestik pada musim ini. Namun, raihan treble domestik bukan peristiwa baru bagi PSG. Mereka menorehkan catatan serupa sebanyak empat kali dalam enam tahun.

Sebelum menjuarai Piala Liga Prancis, PSG juga dinyatakan menyabet titel Ligue 1 yang rampung dini karena wabah Covid-19. Neymar dan kawan-kawan meraih trofi domestik kedua, Jumat (24/7) pekan lalu, dengan menyabet titel French Cup atau Piala Prancis. Di final, PSG menundukkan Saint-Etienne 1-0.

Secara statistik, PSG mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan. Neymar sempat menembakkan tendangan jarak jauh di menit kelima usai peluit tanda pertandingan dimulai. Anthony Lopes berhasil menjadi juru selamat bagi Lyon.

Berselang tiga menit, Neymar kembali mendapat peluang membobol gawang Lyon. Namun lagi-lagi masih berhasil ditepis Lopes.

Sepanjang pertandingan 2x45 menit, PSG enam kali melepaskan tembakan ke gawang Lyon. Sementara Lyon memiliki kans empat kali membobol gawang PSG. Upaya keduanya tak membuahkan hasil hingga perpanjangan waktu berakhir dan kemenangan ditentukan melalui adu penalti.

Pada laga adu penalti, enam eksekutor PSG berhasil menjalankan tugasnya. Pablo Sarabia menjadi pencetak penalti kemenangan bagi PSG.

Sementara Bertrand Traore gagal mencetak gol di giliran keenam. Dengan begitu, mimpi Lyon untuk lolos ke Liga Eropa musim depan harus kandas.

Dengan demikian, PSG mengukuhkan diri sebagai penguasa Piala Liga Perancis dengan mengoleksi sembilan gelar. Enam gelar di antaranya diraih PSG dalam satu dasawarsa terakhir.

Piala Liga Prancis, atau dikenal dengan nama Coupe de la Ligue, merupakan kompetisi paling muda di Prancis. Berbeda dengan Coupe de France yang membolehkan semua klub di persemakmuran Prancis untuk ikut serta, ajang ini hanya boleh diikuti oleh klub-klub di tiga divisi teratas Liga Prancis. (der/zul/fin)

Sumber: