Piala AFF 2020 Batal Digelar, Diundur Tahun Depan

Piala AFF 2020 Batal Digelar, Diundur Tahun Depan

PSSI mengkonfirmasi, bahwa Piala AFF 2020 terancam tidak digelar. Agenda yang sedianya dihelat pada 23 November hingga 30 Desember 2020 diundur tahun depan.

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, mundurnya turnamen dua tahunan sepak bola se-Asia Tenggara ini ditengarai karena pandemi Covid-19.

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) tengah mencari jadwal baru sebagai pengganti. Semula, panitia penyelenggara sudah memindahkan lokasi hajatan ke Vietnam. Namun, pemerintah Vietnam baru-baru ini mengumumkan adanya pandemi corona setelah terakhir kali Maret 2020.

"Untuk akhir tahun, Piala AFF dibatalkan. Namun belum ada kepastian kapan digelar kembali. Tanggal 30 Juli nanti rencananya diputuskan AFF," kata Yunus, Rabu (29/7) kemarin.

Yunus menuturkan, AFF sempat menanyakan kepada PSSI soal jadwal yang tepat untuk melaksanakan kembali kejuaraan AFF 2020. Terkait hal itu, AFF menawarkan kejuaraan dua tahunan itu dilaksanakan pada Februari sampai Maret 2021. Namun, PSSI menyatakan keberatan atas usulan tersebut karena dua alasan.

"Kami sampaikan keberatan. Karena di periode tersebut, PSSI mempersiapkan Piala Dunia U-20. Lalu, waktu itu juga berdekatan dengan Idul Fitri," ujarnya.

PSSI sendiri belum memberikan usulan tanggal kepada AFF. Tergantung AFF apakah mereka mau sebelum Piala Dunia U-20 atau setelahnya. Kami menunggu keputusan tanggal 30 Juli ini," imbuhnya.

Rencana penundaan Piala AFF 2020 ini diketahui usai rapat virtual antara panitia dan perwakilan federasi pada Senin (27/7). Rapat ini diinisiasi Divisi Situasi Darurat AFF untuk mengetahui kondisi kawasan Asia Tenggara terkini.

Mayoritas anggota melihat pandemi virus corona belum akan selesai dalam waktu dekat. Hal ini membuat Piala AFF 2020 bakal sulit digelar sesuai dengan rencana semula.

Penundaan Piala AFF ke 2021 juga diprediksi akan menimbulkan masalah baru karena padatnya kalender olahraga. Mulai dari Olimpiade 2021, Piala Dunia 2021, hingga Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.

"Komite akan melanjutkan perbincangan soal rencana ini untuk mendapatkan solusi yang pas," ujar Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan Wakil Kepala Kompetisi AFF seperti dilansir vnexpress. (der/zul/fin)

Sumber: