Kejar Target Tes PCR 4991 Tiap Hari, Pemprov Jateng Butuh 20 Tambahan Tenaga Ahli Laboratorium

Kejar Target Tes PCR 4991 Tiap Hari, Pemprov Jateng Butuh 20 Tambahan Tenaga Ahli Laboratorium

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membutuhkan sekitar 20 tambahan tenaga ahli dan sarana yang lain untuk peningkatan laboratorium PCR. 

Kebutuhan tambahan tenaga ahli dan sarana tersebut guna mengejar target tes PCR sebanyak 4991 per harinya. Sejauh ini, dari laboratorium yang ada, baru mampu melayani sekitar 4.000 tes PCR per harinya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo menuturkan, sesuai perintah pemerintah pusat, Jawa Tengah ditargetkan dapat melakukan tes PCR sebanyak 4.991 per harinya. 

Untuk itu, perlu dilakukan penambahan tenaga ahli dan sarana di laboratorium.

“Iya, bukan hanya tenaga ahlinya, tapi juga alat dan reagent tes Covid-19 dan macam-macam yang dibutuhkan. Kita ditarget untuk mengambil spesimen 4991 per harinya,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Gedung A lantai 2 Kantor Pemprov Jawa Tengah, Senin (27/7).

Selain target tes PCR, pihaknya juga menyampaikan pentingnya peran program Jogo Tonggo dalam menangani Covid-19. Dari program tersebut masyarakat bisa aktif mendata  kelompok yang rentan, seperti ibu hamil, lansia, penyandang sakit tak menular dan menular.

“Pengelompokan itu untuk meminimalisir angka kematian. Program Jogo Tonggo sangat berperan karena berbasis masyarakat dan mereka punya datanya. Nah, kelompok ini yang perlu kita perhatikan dan prioritaskan,”  ungkapnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan bahwa penting untuk memaksimalkan program Jogo Tonggo untuk menghadapi Covid-19. Untuk itu, ia mengundang sejumlah pakar ilmu sosial untuk menemukan pola edukasi kepada masyarakat terkait kebiasaan baru.

“Jadi hari ini kita mengumpulkan para pakar ilmu sosial, untuk mencari cara mengedukasi masyarakat. Jadi lebih baik mengedukasi masyarakat dengan cara memberikan penguatan terhadap cerita sukses daripada memberikan pemidanaan,” jelasnya.

Selain melelui pendekatan sosial, lanjut Ganjar, pihaknya juga fokus melakukan testing dengan target 4.991 per harinya. 

“Untuk testing, kita membutuhkan paling tidak 20 tambahan tenaga ahli laboratorium. Saya sudah mengajukan ke kementerian, dan Pak Menteri Kesehatan bersedia membantu,” tandasnya. (*/ima)

Sumber: