Quique Setien Dipertahankan Hingga Musim Depan, Bagaimana dengan Lionel Messi?

Quique Setien Dipertahankan Hingga Musim Depan, Bagaimana dengan Lionel Messi?

Kesabaran Quique Setien akhirnya berbuah manis. Sempat digoyang bahwa dirinya akan disingkirkan usai Barca gagal meraih gelar La Liga musim ini dijawab oleh Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu.

Ia menegaskan bahwa Setien tetap menjadi pelatih Barcelona hingga musim depan, Minggu (26/7). Pernyataan itu menjawab semua keraguan banyak pihak yang menyebut bahwa kegagalan Barcelona karena kinerja eks pelatih Racing Santander tersebut.

Selama melatih Blaugrana, Setien membukukan 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan empat kekalahan. Dalam periode itu, Lionel Messi dkk cukup produktif dengan catatan 40 gol dan 18 kebobolan.

"Ia (Setien) masih punya urusan (kontrak) dengan kami sampai 2021 dan Liga Champions," terang Bartomeu dilansir dari Mundo Deportivo.

Presiden Blaugrana juga menepis desas-desus yang mengaitkan Xavi Hernandez sebagai pengganti Setien. Kendati demikian, Bartomeu menyebut bahwa ia mempertahankan hubungan yang baik dengan juru taktik klub Qatar, Al Sadd saat ini.

"Xavi adalah sahabat saya. Hingga kini, ia pemain yang intens berkomunikasi dengan saya. Tidak ada masalah," katanya kepada Mundo Deportivo.

"Tetapi Setien masih memiliki kontrak dengan Barcelona dan kami selalu mengatakan bahwa Setien adalah pelatih kami termasuk di Liga Champions, ini harapan besar kami," tambahnya.

Pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Blaugrana akan bersua dengan Napoli, pada 9 Agustus mendatang. Sebelumnya pada leg pertama, mereka bermain imbang 1-1 Liga Champions.

Formula dan strategi Setien masih diperlukan dalam laga penentuan tiket perempat final tersebut. Pasalnya, Barcelona bakal kehilangan dua pemain saat menjamu anak asuh Genarro Gattuso itu.

Arturo Vidal dan Sergio Busquets absen karena terkena hukuman. Jean-Clair Todibo, Samuel Umtiti, Marc-Andre Ter Stegen, Ousmane Dembele dan bahkan Antoine Griezmann diragukan tampil.

"Napoli adalah langkah pertama, dan kemudian dia akan melanjutkan di musim berikutnya," ujar Bartomeu.

Disinggung oleh ancaman Lionel Messi yang menolak perpanjangan kontraknya, Bartomeu yakin bahwa kapten Barcelona akan terus di klub selama bertahun-tahun. "Messi telah mengatakannya berkali-kali bahwa dia akan pensiun di Barcelona," ujarnya.

"Dan saya tidak ragu bahwa Messi akan bermain lebih baik di tahun 2021, saat itulah kontraknya berakhir," tambahnya.

Sementara itu, UEFA masih mempertimbangkan opsi laga Barcelona vs Napoli tak dimainkan di Camp Nou. Ini karena Catalonia mengalami lonjakan kasus korona.

Sumber: