Gawat! Tiga Petugas Coklit KPU Pemalang Juga Positif Covid-19

Gawat! Tiga Petugas Coklit KPU Pemalang Juga Positif Covid-19

Tiga orang Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) KPU Pemalang di wilayah Kecamatan Taman, positif terpapar Covid-19. Ketiganya kini terpaksa tidak melanjutkan tugasnya mendatangi rumah-rumah untuk melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit, sebab harus mengisolasi diri.

Kepala Puskesmas Jebed Selatan Kecamatan Taman dr Setiawan mengatakan, sebelumnya ada 169 petugas coklit yang menjalani rapid test di puskesmas setempat sebagai persyaratan awal sebelum mereka diterjunkan ke lapangan. Dari sana kemudian ditemukan 7 orang dengan hasil reaktif. 

"Dari tujuh orang tersebut, setelah diuji swab terdapat tiga orang yang positif Covid-19," kata Setiawan, Rabu (23/7).

Ia mengatakan, melihat hasil itu, petugas medis langsung bergerak melakukan tracing terhadap keluarga, maupun teman dekat yang pernah menjalin kontak dengan tiga pasien yang bersangkutan.

"Hasil tracing kami ada 22 orang yang seluruhnya sudah kami swab, namun untuk hasilnya masih menunggu," jelasnya.

Diketahui, sebelumnya ada 3.147 orang petugas coklit KPU Pemalang yang menjalani rapid test. Pelaksanaannya terbagi di puskesmas masing-masing wilayah. 

Ketua KPU Pemalang Mustagfirin saat ditanyai hasil rapid test keseluruhan petugas PPDP, menjawab itu wewenang gugus tugas. Namun jika terdapat yang reaktif, petugas tersebut akan diganti.

"Syarat menjadi PPDP harus sehat atau negatif, tidak terkena Covid-19," ujarnya. (sul/ima)

Sumber: