Setelah Kades Meninggal, 320 Orang di Klaster Sokawangi Pemalang Jalani Tes Swab, 11 Orang Positif Covid-19

Setelah Kades Meninggal, 320 Orang di Klaster Sokawangi Pemalang Jalani Tes Swab, 11 Orang Positif Covid-19

Untuk memutus penyebaran Covid-19 di Klaster Sokawangi Kecamatan Taman, Pemalang, sebanyak 320 orang di wilayah tersebut menjalani pengambilan sampel swab. Uji sampel lendir ini berlangsung di Puskesmas Jebed.
 
Kepala Puskesmas Jebed Kecamatan Taman dr Setiawan mengatakan, swab massal tersebut dilakukan bertahap di puskesmas semenjak meninggalnya kades Sokawangi yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Mereka merupakan orang yang memiliki kontak dekat dengan pasien Covid-19. Termasuk keluarga dan rekan kerja. Tes pun kemudian merambah, sebab ditemukan beberapa warga yang positif Covid-19 di klaster itu.

"Swab terus kita lakukan, saat ini totalnya sudah 320 orang, dengan hasil 11 orang positif covid-19," katanya, Selasa (21/7).

Menurut Iwan, beberapa kendala di lapangan dalam tes itu tetap ada. Antara lain masih adanya ketakutan masyarakat menjalani tes. Beberapa bahkan tidak memenuhi undangan swab, sehingga terpaksa dijemput ke rumah.

Diketahui, sampai hari ini jumlah kasus Covid-19 di Pemalang sebanyak 67 orang, dengan jumlah sembuh 38 orang, masih dirawat 26 dan meninggal dunia 3 orang. (sul/ima)

Sumber: