Kritik Foto Jenazah Pasien Covid-19 Dibungkus Plastik, Anji Tak Bermaksud Mendiskreditkan Fotografer

Kritik Foto Jenazah Pasien Covid-19 Dibungkus Plastik, Anji Tak Bermaksud Mendiskreditkan Fotografer

Foto jenazah pasien corona atau Covid-19 hasil karya fotografer Joshua Irwandi tengah ramai diperbincangkan. Salah satu yang membahasnya adalah penyanyi Anji.

Setelah membahas di media sosial Instagram-nya, Anji kembali buka suara untuk menyampaikan klarifikasi di akun Twitter-nya.

Disampaikan, dirinya tidak bermaksud mendiskreditkan Joshua atau profesinya, melainkan pola penyebaran foto.

“Saya bukan mendiskreditkan Joshua atau profesinya, tetapi membahas pola penyebaran fotonya di media sosial,” ungkap Anji, Senin (20/7) dikutip dari laman Pojoksatu.

“Ini adalah tentang perbedaan sudut pandang. Saya membaca viralnya foto Joshua Irwandi dari banyak akun besar dengan pola caption yang seragam,” sambungnya.

Lebih lanjut, Anji pun meluruskan soal pertanyaan dirinya yang menyinggung soal izin.

“Pertanyaan tentang, ‘Kenapa keluarga orang yang meninggal karena Covid-19 tidak boleh menjenguk, sementara seorang fotografer boleh’, bukanlah pertanyaan saya sendiri. Tapi banyak orang. Hanya saja, saya menyuarakannya,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anji pun mengatakan sudah mendapat penjelasan tentang etika jurnalistik beserta aturan soal pengambilan foto jenazah pasien corona atau Covid-19.

Menutup klarifikasi, Anji menyampaikan permintaan maaf lantaran terdapat perbedaan sudut pandang akibat postingannya baru-baru ini.

“Jika terjadi kesalahan asumsi dalam memahami kalimat saya, saya minta maaf,” tandasnya. (jpnn/pojoksatu/ima)

Sumber: