Instruksi Presiden, Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro Ikut Panen Raya Padi di Pemalang

Instruksi Presiden, Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro Ikut Panen Raya Padi di Pemalang

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi, bersama Panglima Daerah Militer (Pangdam) IV/ Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari ikut panen raya di Desa Kaligelang Kecamatan Taman, Pemalang. Ada 220 hektare padi yang dipanen hari itu.

Menurut kapolda, kegiatan tersebut merupakan instruksi presiden bahwa Kepolisian Republik Indonesia segera ikut serta dalam rangka pemulihan percepatan ekonomi nasional di tengah pandemi.

"Dan ini terus kita lakukan, tidak hanya panen raya padi, tapi juga ada penebaran benih dan panen mangga dan sebagainya. Ini semua kita gunakan untuk mendidik masyarakat dalam rangka ketahanan pangan nasional," katanya, Sabtu (18/7), didampingi Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo.

Sementara itu, Bupati Pemalang Junaedi mengatakan, luas lahan padi di daerah ini seluruhnya mencapai 35.052 hektare. Selama ini Pemalang juga menjadi salah satu penyangga pangan di Provinsi Jawa Tengah, khususnya komoditas beras dengan total produksi 301. 342 ton.

Keberhasilan sektor pertanian di Kabupaten Pemalang, ucap Junaedi, merupakan bukti dari kerja keras masyarakat khususnya para petani Pemalang yang sabar dan tekun dalam mengelola lahan pertanian di tengah pesatnya sektor industri.

“Tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari masyarakat, mustahil, program-program pertanian dalam mendukung ketahanan pangan akan berhasil," katanya. 

Kehadiran kapolda dan pangdam IV Diponegoro dalam panen raya tersebut, selain untuk bersama -sama merayakan keberhasilan sektor pertanian, juga memotivasi petani agar makin bersemangat dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas hasil pertanian di Kabupaten Pemalang. (sul/ima)

Sumber: