Tangkal Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pesantren, Ponpes Siaga Candi Dibentuk

Tangkal Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pesantren, Ponpes Siaga Candi Dibentuk

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren (ponpes), lima ponpes di Pemalang dicanangkan sebagai Ponpes Siaga Candi.

Pencanangan dilakukan Polres Pemalang bersama Dandim 0711 secara serentak. Yaitu di Ponpes Mislakhul Muta’alimin Kecamatan Warungpring, Ponpes Al Fuadiyah Bantarbolang, Ponpes Akbar Santoso, Taman, Ponpes Mis Hadirul Ulum Ulujami, dan Ponpes Bahrul Ulum di Kecamatan Pemalang.

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengemukakan, dinamika kamtibmas akibat pandemi Covid-19 juga berdampak pada kegiatan pendidikan maupun keagamaan. Untuk itu, lewat Ponpes Siaga Candi, pihaknya melibatkan para pengurus dan santri untuk aktif mengamankan lingkungan ponpes dari wabah Covid-19.

"Para santri harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga diharapkan bisa menjadi agen perubahan dan dapat memberikan edukasi terkait bahaya dari pandemi Covid- 19 untuk keluarga dan masyarakat sekitar,” katanya, Sabtu (12/7) kemarin di Pondok Pesantren Mislakhul Muta’alimin, Warungpring.

Sementara itu, Wakil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pemalang Arifin menyampaikan apresiasi untuk Polres Pemalang dan Kodim 0711/Pemalang yang telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung penyebaran Covid-19.

“Atas nama pemerintah daerah mengungkapkan rasa sangat bangga, Pondok Pesantren Siaga Candi menjadi pilot project sekaligus memberikan inspirasi bahwa pentingnya penerapan protokol kesehatan di lingkungan pondok,” ujar Arifin. (sul/ima)

Sumber: