54 Hari Diisolasi Mandiri dan 12 Kali Swab, Bocah 9 Tahun di Brebes Masih Saja Positif Covid-19

54 Hari Diisolasi Mandiri dan 12 Kali Swab, Bocah 9 Tahun di Brebes Masih Saja Positif Covid-19

Bocah berusia sembilan tahun di Kabupaten Brebes masih bersatus pasien terkonfirnasi virus corona (covid-19) hingga, Rabu (8/7). Padahal, dia sudah diisolasi mandiri sejak 15 Mei lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Brebes, dr Sartono melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Imam Budi Santoso menjelaskan, pasien merupakan warga Kecamatan Bantarkawung. Jika dikalkulasi hingga, rabu (8/7) hari ini, yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri selama 54 hari.

"54 hari menjalani isolasi mandiri, pasien sudah diuji swab 12 kali," jelasnya, Rabu (8/7).

Imam menyebutkan dari 12 kali uji swab hasilnya masih positif, sehingga pasien hingga saat ini masih diisolasi. "Pernah sekali hasilnya negatif, namun saat uji swab lanjutan hasilnya kembali positif." 

Dilihat dari kondisi pasien, lanjutnya, pasien dalam kondisi yang bisa dikatakan normal. Karenanya, Dinkes akan kembali melakukan uji swab selanjutnya tujuh hari ke depan.

"Mudah-mudahan uji swab yang selanjutnya (dua kali berturut-turut) hasilnya negatif. Sehingga, pasien bisa segera dinyatakan sembuh," harapnya.

Camat Bantarkawung Eko Supriyanto mengungkapkan hal yang sama. Saat ini, selain pasien anak-anak yang masih diisolasi mandiri, ada dua warga pendatang lainnya yang menjalani isolasi mandiri di wilayah Kecamatan Bantarkawung.

"Di Bantarkawung masih ada tiga pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Seorang pasien dari keluarga klaster Alumni Gowa, dan dua warga pendatang yang baru pulang dari Papua," pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: