Sherina Munaf Posting Covid-19 Bukan Nyamuk, Sindir Kalung Antivirus Kementan

Sherina Munaf Posting Covid-19 Bukan Nyamuk, Sindir Kalung Antivirus Kementan

Dikenal sebagai artis yang cerdas dan kritis, penyanyi cantik Sherina Munaf ikut berkomentar soal penanganan Covid-19 di Indonesia. Gadis muda ini mengeluarkan kritikannya atas rencana Kementerian Pertanian untuk memproduksi produk antivirus dari tanaman atsiri (eucalyptus) menangkal Covid-19, Minggu (5/7). 

Salah satu yang akan diproduksi massal dalam waktu dekat adalah kalung antivirus berbahan eucalyptus.

“Kalung Antivirus Eucalyptus Anti Corona mau diproduksi massal? Setahu saya Covid-19 itu virus. Bukan nyamuk,” tulisnya lewat akun Twitternya, Minggu (5/7).

Cuitan Sherina ini sempat mendapatkan koreksi dari netizen karena Covid-19 sejatinya adalah nama penyakit dan bukan virusnya.

Dia menerima kritikan atas kesalahan penulisannya, tetapi dia tetap belum bisa menerima pendapat kalung eucalyptus bisa menangkal Covid-19.

Diapun meminta penelitian yang lengkap soal ini.

“Saya salah. Covid-19 adalah penyakitnya, yang disebabkan oleh Virusnya: SARS-CoV-2. Tapi untuk memperjelas, tetap bukan nyamuk. Ditunggu jurnal ilmiah kalung eucalyptus VS Covid-19 nya. Saya terima kalau saya blunder. Semoga nyawa tidak melayang karena takhayul yang diilmiahkan,” bebernya lagi.

Seperti diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, pihaknya akan mengembangkan produk antivirus dari tanaman atsiri (eucalyptus) yang dikemas dalam bentuk kalung dan diproduksi massal pada Agustus tahun ini.

Mentan menyebutkan, dari hasil penelitian penggunaan eucalyptus disebutkan mampu menangkal virus Covid-19. Pengujian eucalyptus terhadap virus influenza, virus Beta, dan gamma corona menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen. (nin/pojoksatu/ima)

Sumber: