Konsumsi Buah Pagi Hari Efektif Turunkan Kolesterol

Konsumsi Buah Pagi Hari Efektif Turunkan Kolesterol

Rutin mengonsumsi buah bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Waktu tepatnya pagi hari. Setiap buah memiliki kandungan berbeda. Manfaatnya untuk penyakit ada pada jenis buah denga kandungan tertentu.

“Buah-buahan yang mengandung antioksidan dan serat bisa menurunkan kolesterol jahat dengan baik,” ujar Ahli Gizi dan Menu Sehat UMI, Dr Andi Nurlinda SKM MKes kepada FAJAR, Kamis (25/6). Di antaranya ada pisang, alpukat, apel, anggur, dan tomat.

Anggur

Anggur kaya akan serat larut air sehingha dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, terutama anggur merah. Antioksidan yang dikandungnya dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Konsumsi secukupnya setiap bangun pagi, tetapi sebelumnya, cuci di bawah air mengalir.

Apel

Apel mengandung pektin alias serat larut. Air itu yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Baik dikonsumsi langsung dengan kulit. Karena kandungan pektin banyak di kulit.

Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.Alpukat juga bisa menstabilkan kadar gula darah. Bisa diolah jadi jus, tetapi tidak memberikan campuran gula atau kental manis. Cukup dengan madu.

Pisang

Konsumsi buah pisang disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal itu terjadi karena kandungan zat inulin pada pisang bisa membantu mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan. Pisang menurunkan kolesterol dengan cara membersihkanny dari saluran pencernaan, sehingga kolesterol tidak menyumbat aliran darah dan arteri.

Tomat

Tomat banyak mengandung potasium, vitamin A, dan C yang baik bagi tubuh. Kandungan likopen pada tomat yang bisa menurunkan kolesterol. Juga bisa dioleh jadi jus. Ahli Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr dr Khidri Alwi SKM MKes menambahkan, selain buah tersebut untuk menurunkan kolesterol jahat utamakan buah yang bisa dikonsumsi langsung tanpa olahan. Selain itu buah-buah berwarnah cerah Lebih efektif. “Sebab dominan berwarna cerah mengandung antioksidan likopen, baik untuk menurun kolesterol jahat, salah satunya lemon,” tuturnya. (sal/zul)

Sumber: