Oknum PNS Dalangi Penipuan di Pemalang, Uang Miliaran Digunakan untuk Belanja dan Karaokean

Oknum PNS Dalangi Penipuan di Pemalang, Uang Miliaran Digunakan untuk Belanja dan Karaokean

Polisi membekuk dua tersangka penipuan seleksi CPNS di Kabupaten Pemalang. Dari aksinya itu, tersangka mampu meraup uang senilai lebih dari Rp4 miliar dari para korbannya. 

Salah satu tersangka penipuan CPNS Isdiyo, diketahui merupakan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Pemalang. Kini dirinya mendekam di Mapolres Pemalang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya itu.

Isdiyo masih tercatat sebagai pegawai di Dinas Perhubungan Pemalang. Namun, saat penipuan itu terjadi, dirinya masih bertugas di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang. Berbekal pengetahuan dari sana, dia kemudian menipu para korbannya.

"Untuk menyakinkan (korban) saya pakai surat edaran, dan waktu itu saya kan masih di BKD jadi tahu," akunya, saat berada di Mapolres Pemalang, Senin (22/6).

Dia mengatakan, perbuatannya itu hanya dilakukan dengan rekannya Amet, tanpa melibatkan atasannya. Dia pun mengakui bahwa sebenarnya tidak ada jalur belakang. Aksinya itu pun terendus setelah para korban melaporkannya ke Polres Pemalang.

Menurut Isdiyo, uang hasil perbuatanya itu dia gunakan untuk membeli beberapa kebutuhan dan juga untuk bersenang-senang, seperti karaokean. 

"Uangnya saya gunakan untuk beli kebutuhan dan bersenang-senang," katanya. 

Para tersangka kini dijerat Pasal 378 KUHP Jo 65 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara empat tahun. (sul/ima)

Sumber: