WHO Prediksi Jumlah Korban Covid-19 Gelombang Kedua Akan Lebih Banyak

WHO Prediksi Jumlah Korban Covid-19 Gelombang Kedua Akan Lebih Banyak

Lembaga kesehatan duania WHO memperkirakan, bahwa pada puncak gelombang kedua pandemi virus corona (Covid-19) akan menyebabkan lebih banyak kematian.

Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Mike Ryan mengatakan gelombang kedua Covid-19 berupa lonjakan kasus mendadak yang bisa membebani sistem perawatan kesehatan, dan kemungkinan menyebabkan lebih banyak kematian.

"Kita mungkin berada di puncak kedua (pandemi) dengan cara ini," kata Mike Ryan seperti dikutip dari CNN, Jumat (29/5).

Menurut WHO, saat ini dunia masih berada dalam gelombang pertama virus corona dan kasus infeksi masih terus meningkat. Angka infeksi ini bisa tiba-tiba melonjak secara signifikan.

Para ahli penyakit menular meyakini penyebaran virus corona akan kembali melonjak ketika musim panas berakhir, namun mereka tidak mengetahui seberapa parah lonjakannya.?

Dalam skenario pertama puncak kedua pandemi, kasus-kasus virus corona akan meningkat tajam dan cepat hingga mencapai titik puncak yang baru. Pada gelombang kedua, infeksi bisa diketahui lebih lambat dan berdampak di seluruh dunia dalam waktu berbeda.

Namun pada skenario kedua di mana kurva sudah mulai rata, akan lebih banyak orang terinfeksi virus corona di saat yang sama. Lalu pada saat musim penyakit flu, ini akan membebani sistem perawatan medis.

Direktur departemen kedokteran darurat di Johns Hopkins University, Gabe Kelen mengatakan ketika rumah sakit dan petugas kesehatan kewalahan, ada kemungkinan tinggi untuk mencegah angka kematian.

"Satu-satunya alasan nyata untuk meredam puncak (pandemi) ini adalah mencegah kematian yang bisa dicegah, sehingga sistem perawatan kesehatan dapat menangani semua orang yang membutuhkan (perawatan) dan memberi upaya pemulihan terbaik," kata Kelen.

Itu sebabnya mengapa banyak orang yang membuat data tentang perataan kurva, karena semakin stabil tingkat infeksi, maka akan semakin mudah untuk ditangani.

Jika rumah sakit kewalahan menangani pasien Covid-19 ditambah kurangnya fasilitas kesehatan, ditakutkan akan lebih banyak mengakibatkan kematian yang sia-sia.

Puncak kedua pandemi diprediksi akan terjadi selama musim gugur atau di akhir musim dingin, bertepatan dengan musim flu. Namun, jika saat ini banyak negara membuka pembatasan, maka penularan skala besar akan terjadi dan dunia akan kembali memasuki fase awal ketika virus ini menyebar.

WHO menilai, masih ada beberapa titik episentrum virus corona di seluruh dunia yang menyebabkan kekhawatiran meningkatnya kasus. Lonjakan kasus bisa terjadi di awal Juni. Pembukaan pembatasan juga bisa mempengaruhi waktu dan tingkat keparahan infeksi.

Pemimpin teknis tanggapan virus corona WHO, Maria Van Kerkhove mengatakan pihaknya mencermati peningkatan kasus di Rusia, Afrika, Amerika, beberapa negara di Asia Selatan, dan Eropa.

Sumber: