Diperpanjang 6 Bulan, Ini Cara Dapat Bansos Beras 10 Kg Tahun 2025
BANSOS- Tahun 2025 ini, pemerintah memperpanjang pencairan bantuan sosial (bansos) beras 10 kg untuk enam bulan. --
Radartegal.com- Tahun 2025 ini, pemerintah memperpanjang pencairan bantuan sosial (bansos) beras 10 kg untuk enam bulan.
Sebelumnya, pemerintah sudah berencana membagikan bansos beras 10 kg hanya untuk bulan Januari dan Februari 2025.
Bansos beras 10 kg ini merupakan salah satu program pemerintah yang hadir pada tahun 2025.
Bagi Anda yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sudah bisa dipastikan masuk juga sebagai penerima bansos beras 10 kg.
BACA JUGA: Kalian Sering Gagal Dapat Bansos? Mungkin Ini Kesalahan yang Kalian Lakukan
BACA JUGA: Bansos Februari 2025, Cek Nama Kalian Sekarang di Sini, Jangan Sampai Ketinggalan
Namun, untuk memastikannya, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. Karena penerima bansos beras 10 kg merupakan kelompok masyarakat yang terdaftar pada DTKS.
Dari laman Bulog disebutkan, masyarakat yang ingin menjadi penerima bansos harus mendaftarkan diri ke DTKS terlebih dahulu.
Ada dua cara untuk mendaftar DTKS agar bisa mendapatkan bansos, yaitu secara offline dan online.
DTKS sendiri merupakan data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan, dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
BACA JUGA: Segera Cek! 4 Dana Bansos Pemerintah Ini Cair Mulai Februari 2025
BACA JUGA: Cara Cek Dana Bansos PKH 2025, Dapat 750 Ribu Rupiah dengan Syarat 2 Hal Ini
Cara daftar DTKS penerima bansos beras 10 kg
1. Daftar DTKS secara online
Masyarakat bisa mendaftarkan diri di DTKS dengan cara online melalui ponsel. Berikut caranya:
- Buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos dan klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi.
- Masukkan data diri sesuai kolom yang diminta, berupa Nomor KK, NIK dan nama lengkap sesuai KK serta KTP.
- Unggah foto KTP dan swafoto yang tengah memegang KTP.
- Pastikan data diisi dengan benar
- Kemudian lanjut klik “Buat Akun Baru”.
- Cek email verifikasi dan aktivasi masuk dari Kemensos.
- Setelah proses registrasi berhasil, akses kembali layanan menu di Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik menu “Daftar Usulan.”
- Masukkan kembali data diri sesuai petunjuk yang tertulis di kolom.
- Pilih jenis bansos yang ingin didapatkan.
- Usulan masyarakat akan masuk ke sistem SIKS-NG dan diverifikasi serta divalidasi oleh Dinas Sosial setempat.
- Hasil verifikasi dan validasi tersebut akan masuk ke dalam pengesahan Kepala Daerah.
- Pengesahan Kepala Daerah akan diunggah ke sistem SIKS-NG sebagai bahan pengolahan dan penetapan Kemensos.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:



