Tidak hanya komponen internal dan sistem pembakaran yang ditingkatkan, Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang canggih.
Salah satunya adalah Programmed Fuel Injection (PGM-FI), sebuah sistem injeksi bahan bakar yang sudah dilengkapi dengan pendingin cair (liquid-cooled).
Sistem ini memastikan bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar dengan takaran yang tepat, sehingga efisiensi bahan bakar meningkat. Kalian bisa menikmati penghematan bahan bakar tanpa harus mengorbankan performa motor.
Selain itu, ada juga fitur Combined Braking System (CBS). Fitur ini memungkinkan pengereman yang lebih aman, di mana saat kalian menarik tuas rem kiri, rem belakang dan depan akan berfungsi bersamaan.
BACA JUGA: Jangan Ngasal, Begini Penggunaan Oli Honda PCX 160 yang Tepat untuk Menjaga Performa Motor
BACA JUGA: Cek Keunggulan Honda PCX 160 2024 Terbaru Pesaing NMax
Hal ini sangat penting dalam situasi darurat, karena pengereman yang seimbang antara roda depan dan belakang meningkatkan keselamatan berkendara.
Tak ketinggalan, Honda juga menambahkan Idling Stop System (ISS), yang secara otomatis akan mematikan mesin saat motor berhenti, seperti di lampu merah.
Ketika kalian siap untuk melanjutkan perjalanan, cukup putar gas ringan, dan mesin akan menyala kembali. Fitur ini sangat membantu dalam mengurangi konsumsi bahan bakar, terutama di kemacetan kota, sekaligus mengurangi emisi gas buang yang berdampak negatif pada lingkungan.
Kesimpulan
Teknologi eSP+ di Honda PCX 160 benar-benar membawa perubahan signifikan dalam performa dan efisiensi motor ini.
BACA JUGA: 8 Perawatan Harian Honda PCX 160 agar Tetap Prima, Gak Perlu Mahal Asal Konsisten!
BACA JUGA: NMAX Ketar-Ketir, Ini Review Honda PCX 160 Terbaru 2024
Dari penggunaan sistem empat katup, rasio kompresi tinggi, hingga komponen internal yang dioptimalkan seperti hydraulic tensioner, piston oil jet, dan kruk as rigid, semuanya bekerja dengan baik untuk memberikan pengalaman berkendara yang canggih dan nyaman.