Istri Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Faruq-Ashim Berbagi Tips Sehat Mental Kepada Gen Z

Minggu 20-10-2024,10:09 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - DPD PKS menggelar talkshow dengan tema 'Berdamai dengan Trauma Masa Lalu', Sabtu 19 Oktober 2024 lalu. Pada kesempatan itu, panitia menghadirkan Psikolog Devi Wahyu Yuliawati yang merupakan istri Calon Wali Kota Tegal Pilkada 2024 Faruq Ibnul Haqqi.

Kegiatan yang diikuti 70 Generasi (Gen) Z itu juga dihadiri Faruq Ibnul Haqqi. Serta Calon Wakil Wali Kota Tegal M. Ashim Adz Dzorif Fikri beserta sang istri yang merupakan anggota legislatif muda Kabupaten Magelang.

Dalam paparannya, Devi mengatakan belajar mengelola trauma itu membutuhkan proses. Serta, kesadaran diri yang kuat untuk bisa berdamai dengan luka di masa lalu. 

"Kita bisa mempunyai batasan ketika trauma tersebut hadir dalam diri kita. Hal, yang bisa kita lakukan adalah dengan melatih mengelola emosi yang baik," katanya.

BACA JUGA: Calon Wali Kota dan Wakil Wali Tegal Faruq-Ashim Bakal Buat Layanan Konseling Kesehatan Mental

BACA JUGA: Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Faruq-Ashim Ingin Bentuk Pemerintahan yang Dekat dengan Anak Muda

Agar bisa berdamai dengan luka masa lalu, kata Devi, ada 3 tips yang bisa dilakukan. Yakni, release atau melepaskan, forgive memaafkan, dan forget atau melupakan.

"Cobalah melakukan 3 tips itu agar bisa berdamai dengan luka masa lalu," terangnya. 

Sementara, istri calon Wakil Wali Kota Tegal M. Ashim, Arifah Apriliyani, turut memberikan sebuah pengalaman mengelola emosi. Jika berhadapan dengan kondisi yang tidak ideal dengan cara menentukan batasan diri dan validasi emosi. 

"Itu, bisa dengan cara memberikan batasan diri. Serta memvalidasi semua perasaan emosi yang ada," ujar April.

BACA JUGA: Begini Solusi Atasi Vandalisme dan Tawuran Remaja Ala Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Faruq-Ashim

BACA JUGA: Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Faruq-Ashim Bakal Realisasikan Beasiswa Bagi Penghafal Juz Amma

April mengungkapkan melakukan kegiatan positif juga turut andil dalam menyehatkan mental seseorang. Selain itu, rasa trauma yang hadir juga membuat kita dekat dengan Allah sebagai relaksasi alami. 

Sementara itu, talk show ini dimoderatori Husna sebagai Duta Kesehatan Mental (DKM) Muda Kota Tegal ini mendapat sambutan positif dan antusias dari kalangan kaum anak muda. Apalagi, menghadirkan narasumber berkompeten yang merupakan istri Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal Pilkada 2024. 

Kategori :