Benarkah Pertandingan Timnas Indonesia Vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Bisa Diulang

Selasa 15-10-2024,05:09 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Adi Mulyadi

radartegal.com - Benarkah pertandingan antara Timnas Indoneisa VS Bahrain di matchday tiga Grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bisa diulang? Pertanyaan tersebut banyak dikemukakan, mengingat jalannya pertandingan diselimuti keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf. 

Mengulang pertandingan dalam even besar seperti Piala Dunia bukan hal yang mustahil. Karena itu, meskipun sangat kecil kemungkinannya, pertandingan atara Timnas Indonesia Vs Bahrain bisa diualang jika protes dari PSSI ditanggapi oleh AFC dan FIFA.

PSSI sudah melakukan pengiriman surat protes kepada AFC mengenai kinerja wasit Ahmed Al Kaf. Wasit asal Oman yang sudah dianggap telah merugikan timnas Indonesia pada laga kontra Bahrain di matchday tiga Grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada pertandingan di stadion nasional Bahrain, Manama, Kamis 10 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB tersebut, wasit Al Kaf mengeluarkan beberapa keputusan yang bersifat kontroversial. Salah satunya adalah tambahan waktu yang dinilai sudah terlalu lama.

BACA JUGA:Nonton Timnas vs Australia Pakai Android TV Murah Tanpa STB, Lebih Praktis dan Gak Ribet

BACA JUGA:Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri Angkat Bicara Terkait Batalnya Naturalisasi Mauresmo Hinoke

Saat memasuki menit ke-90, ofisial pertandingan memberikan tambahan waktu 6 menit, namun Al Kaf tak kunjung untuk menyelesaikan pertandingan meskipun waktu sudah memasuki menit ke 8. Alhasil Bahrain mencetak gol penyeimbang, yang tentu saja sudah merampas kemenangan 2-1 timnas Indonesia.

Protes pertandingan Timnas Indonesia Vs Bahrain

Ketua umum PSSI, Erick Tohir menyatakan sudah melayangkan surat keberatan kepada AFC. Untuk saat ini, pihaknya sedang menunggu tindak lanjut dan tanggapan dari konferedasi.

Erick mengatakan bahwa keputusan tetap pada tangan mereka (AFC). Tetapi paling tidak kita sudah berusaha dan berani untuk menyuarakan ketidakadilan.

Lalu jika AFC dan FIFA menanggapi, apakah pertandingan dapat diulang? Sejarah sudah pernah membuktikan terdapat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dimainkan ulang.

BACA JUGA:Lawan Kelicikan Cina, Timnas Indonesia Akan Carter Pesawat Mewah untuk Antisipasi Terbang 30 Jam

BACA JUGA:Mathew Baker Bakal Tetap Jadi Milik Timnas Indonesia, Federasi Australia Putuskan Balik Kanan

Peluang dilakukannya pertandingan ulang kemungkinan bisa saja terjadi jika ada bukti kuat mengenai kecurangan atau pengaturan skor. Karena hal itu juga sudah pernah terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Timnas Afrika Selatan Vs Timnas Senegal.

Waktu itu, FIFA memutuskan untuk melakukan pertandingan ulang karena wasit Joseph Lamptey dinyatakan melakukan kesalahan usai memberi hadiah penalti untuk Afrika Selatan dari handball Kalidou Koulibaly. Akibat hadiah penalti itu, The Bavana-Bavana menang 2-1.

Namun pada tayangan ulang, telah terbukti bahwa bola mengenai kaki baru mengenai tangan sang pemain. FIFA telah menganggap bahwa Lamptey telah melakukan manipulasi pertandingan.

Kategori :