Perbedaan Pinjol Paylater dan Kartu Kredit Mulai Dari Bunga Layanan Hingga Syaratnya, Cek di SINI!

Selasa 15-10-2024,07:54 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Adi Mulyadi

radartegal.com - Zaman digital saat ini, banyak masyarakat terjebak keadaan yang membutuhkan dana pinjaman dengan cara kerja yang cepat. Pilihan yang tersediapun beragam, mulai dari pinjaman online (pinjol), kartu kredit, dan paylater.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas perbedaan pinjol, paylater dan kartu kredit. Tidak hanya perbedaannya saja, kami ulas juga terkait bunga, layanan hingga syaratnya.

Ketiga pilihan tersebut, tentu saja menawarkan solusi yang dilengkapi dengan fasilitas akses yang mudah, namun memiliki struktur, bunga, dan syarat yang berbeda-beda.

Nah, supaya kalian jelas simak selengkapnya ulasan lengkap perbedaan pinjol, paylater, dan kartu kredit berikut ini. Dengan begitu, kalian tidak akan kecewa [ada kemudian hari ketika sudah mengajukan pinjaman. Berikut ulasan lengkapnya:

BACA JUGA:Mau Utang Pinjol Lunas? Ini Cara Mendapatkan Diskon Bayar Tunggakan dari Penyelenggara Pinjaman

BACA JUGA:Konsekuensi Hukum Galbay Pinjol Ilegal, Ternyata Bukan Hanya Penagihan yang Tidak Sopan

Perbedaan bunga yang ditawarkan

1. Pinjaman Online (Pinjol)

Pinjol sudah sering dikenal dengan proses mencairkan dana secara cepat dan tidak memerlukan jaminan apapun. Namun dengan kemudahan ini justru bunga yang ditawarkan lebih tinggi daripada pilihan yang lainnya.

Menurut AFPI, pinjol menawarkan bunga hingga 0.8 persen perhari atau perbulan sekitar 24 persen. Walaupun sepintas terlihat kecil, bunga tersebut dapat berdampak jika dijumlahkan dalam setahun, karna pinjol tidak memerlukan agunan yang tentu saja lebih berisiko.

2. Kartu Kredit

Kartu Kredit menawarkan keseimbangan antara fleksibilitas dan biaya. Dilengkapi bunga sebesar 1.75 persen per bulan, pengguna kartu kredit mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi dengan fasilitas yang dilengkapi masa tenggang bebas bunga dari 30 hari sampai 55 hari.

Tetapi tergantung kebijakan bank masing-masing. Bunga akan dikenakan jika pembayaran tidak dilakukan secara penuh sebelum jatuh tempo.

BACA JUGA:Jangan Mudah Tertipu Pinjol Bunga Rendah, Lakukan 4 Langkah Supaya Tidak Terjerat Bunga Pinjaman

BACA JUGA:Daftar Pinjol yang Ada DC Lapangan, Jangan Sampai Galbay

3. Paylater

Paylater sudah tersedia di beberapa platform ecommerce yang menawarkan solusi mudah. Hampir sama dengan pinjol untuk layanan pengajuan dan persetujuannya cepat.

Bunga untuk layanan paylater biasanya sekitar 2 persen hingga 4 persen tiap bulan nya. Walaupun lebih tinggi daripada kartu kredit, proses tanpa jaminan yang menjadi daya tarik utama masyarakat.

Apabila pengguna gagal membayar pada waktu yang telah ditentukan, maka bunga dan denda keterlambatan yang akan dibebankan juga dapat menambah beban keuangan.

Alasan bunga Paylater lebih tinggi Kartu Kredit

Kategori :