Yayasan Astra Honda Motor (AHM) Beri Beasiswa Pendidikan Rp1,4 Miliar untuk Ratusan Duta Safety Riding

Rabu 18-09-2024,18:55 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

CIKARANG, radartegal.com – Yayasan Astra Honda Motor (AHM) memberi beasiswa pendidikan kepada para duta safety riding. Beasiswa ini merupakan apresiasi atas semangat dan dedikasi terhadap peran aktif mereka.

Utamanya dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui Safety Riding Lab (SRL) Astra Honda di sekolahnya. Beasiswa Yayasan AHM menjadi pendukung penyebaran pesan keselamatan berkendara secara terstruktur dan berkelanjutan dengan sejumlah sekolah di Tanah Air. 

Sepanjang 2024, Yayasan AHM sudah memberikan beasiswa kepada 358 siswa dan 246 mahasiswa. Rinciannya 21 siswa SD, 38 siswa SMP, 248 siswa SMA, 51 orang tenaga pendidik. Sedangkan ke-246 mahasiswa berasal dari 50 sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu, Yayasan AHM juga menggandeng 7 sekolah yang memiliki SRL Astra Honda dengan tiga zona. Antara lain zona audio visual, zona simulasi menggunakan Honda Riding Trainer (HRT), dan zona praktik yang dilengkapi dengan sepeda motor Honda dan alat peraga keselamatan berkendara.

BACA JUGA: Kereennn! Yayasan AHM Siapkan Duta Safety Riding Milenial dari Jawa Tengah

BACA JUGA: Sambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Yayasan AHM Siapkan Duta Safety Riding Milenial dari Jawa Tengah

Gandeng 7 sekolah

SRL Astra Honda yang digagas sejak 2018, di antaranya berada di SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi, Jawa Barat; SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Binjai, Sumatera Utara; dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, Jawa Timur.

Ada juga di SMAN Bali Mandara; SMKN 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah; dan SMKN 4 Tasikmalaya, Jawa Barat. Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi kreativitas dan inisiatif generasi muda dalam mengampanyekan budaya keselamatan berkendara.

Kampanye itu dilakukan melalui beragam cara dan sarana komunikasi, termasuk melalui media sosial (medsos). “Mereka mengampanyekan pesan keselamatan berkendara dengan bahasa dan cara mereka. Kami lihat ini akan efektif dan punya jangkauan yang luas."

"Apresiasi beasiswa ini diharapkan dapat memacu mereka dalam menyebarkan kegiatan positif di lingkungannya," kata Muhib saat penyerahan simbolis beasiswa Yayasan AHM di Pabrik AHM Cikarang pada, Selasa 17 September 2024.

BACA JUGA: Keseruan Safety Riding ala Yayasan AHM, Belajar Sembari Mengenal Wisata Edukasi Satu Hati

BACA JUGA: Yayasan AHM Salurkan Bantuan Bagi Korban Pengungsian Erupsi Semeru.

Pemberian beasiswa juga diisi dengan pembekalan pentingnya keselamatan berkendara. Pembekalan tersebut diajarkan langsung para duta safety riding SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, yang telah mendapatkan pelatihan dari Astra Honda License Instructor (AHLI).

Guru dan siswa diajarkan cara pengereman yang aman, berkendara secara nyaman di jalan bergelombang, postur duduk saat berkendara, dan berboncengan. Selain itu juga dasar safety riding dan simulasi berkendara melalui HRT.

Kategori :