Pemanasan Debat, 3 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Adu Gagasan di Acara Ini

Minggu 15-09-2024,18:14 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - PD Muhammadiyah menggelar dialog politik dengan mengundang para bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024, Minggu 15 September 2024. Pada kesempatan itu, mereka adu gagasan dalam mengatasi sejumlah persoalan di Kota Tegal.

Dari 3 Paslon yang mendaftar di KPU, yakni Edy Suripno-Akhmad Satori, Dedy Yon-Tadzkiyatul Muthmainah dan Faruq Ibnul Haqqi-M Ashim Adz, semuanya hadir dalam kegiatan itu. Kegiatan dimoderatori Abdullah Sungkar, salah satu pengamat politik di Kota Tegal.

Komisioner KPU Kota Tegal Moh. Mansyur Syarifudin saat memberikan sambutan mengatakan pihaknya merasa terhormat karena diundang dalam penyelenggaraan tersebut. Apalagi, disampaikan visi dan misi dari paslon yang akan mengikuti kontestasi Pilkada 2024.

"Perlu kami sampaikan, saat ini Pilkada 2024 sudah memasuki tahapan pencalonan. Seluruh dokumen persyaratan yang diserahkan kepada KPU Kota Tegal sudah kami klarifikasi dan Verifikasi," katanya.

BACA JUGA: Masa Penyerahan Dokumen Perbaikan Persyaratan Calon Pilkada 2024 Tegal Selesai, KPU Lanjutkan ke Verifikasi

BACA JUGA: KPU Umumkan Hasil Rikkes dan Verifikasi Administrasi Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal

Hasilnya, kata Mansyur, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dari RSUP Kariadi dari ketiga paslon tercatat sehat dan memenuhi syarat. Kemudian dari hasil verifikasi administrasi yang dilakukan juga semuanya memenuhi syarat. 

"Maka tinggal 1 Tahapan lagi yakni tanggapan dari masyarakat yang akan dibuka pada 16-18 September. Jika tidak ada tanggapan maka pada 22 September 2024 akan dilakukan pleno penetapan paslon,"ujarnya.

Selanjutnya pada 23 September 2024 akan dilaksanakan pengambilan nomor urut untuk ditetapkan sebagai nomor urut di surat suara. Kemudian dilanjutkan deklarasi kampanye damai.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat untuk bisa mendukung dan mendorong pelaksanaan Pilkada 2024 ini agar berjalan dengan aman dan kondusif," ujarnya.

BACA JUGA: Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Semarang

BACA JUGA: Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes Pilkada 2024 Diperpanjang

Pj Walikota Tegal dalam sambutannya yang disampaikan Asisten 1 Setda Kota Tegal M. Affin menyampaikan apresiasi atas inisiatif dari Muhammadiyah yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Sebab, hal itu merupakan wujud nyata untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan keterlibatan masyarakat.

"Betapa pentingnya keterlibatan masyarakat dalam proses demokrasi. Kita dapat mendalami visi dan misi yang ditawarkan Para pasangan calon yang akan ikut dalam kontestasi Pilkada 2024," ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya berharap agar masyarakat Kota Tegal yang telah memiliki hak pilih untuk dapat menggunakannya. Angka dapat meningkat dalam Pilkada 2024 minimal 80 persen.

Kategori :