2.639 Lowongan Petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal Segera Dibuka, Segini Honornya

Minggu 15-09-2024,17:36 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera membuka lowongan petugas KPPS untuk pilkada 2024 di Tegal. Mereka nantinya akan mendapatkan honor dengan besaran seperti sebelumnya.

Komisioner KPU Kota Tegal Charis Budiman usai menggelar Rakor bersama kepada PPK dan PPS mengatakan sesuai tahapan yang ada, pembentukan KPPS berlangsung pada 17 September-5 November 2024. Sehingga, KPU mempunyai waktu selama 50 hari untuk memenuhinya.

"Dan hari ini, kita sampaikan hasil rakornas terkait persiapan pembentukan KPPS kepada PPK dan PPS," katanya.

Menurut Charis, jumlah TPS di Tegal pada pilkada nanti sebanyak 377. Sedangkan untuk satu TPS kebutuhannya 7 orang, sehingga total yang dibutuhkan sebanyak 2.639.

BACA JUGA: Pilkada 2024 di Brebes, KPU Butuhkan 20.853 Anggota KPPS

BACA JUGA: 7 Petugas KPPS di Tegal Sakit Usai Menjalankan Tugasnya, KPU Gercep Lakukan Hal Ini

"Ada sekitar 9 persyaratan yang harus dipenuhi mereka yang berminat mendaftar menjadi anggota KPPS. Itu, antara lain memiliki E-KTP, tidak terlibat dalam partai politik, sehat jasmani dan rohani serta persyaratan lainnya," tandasnya.

Terkait besaran honor KPPS, imbuh Charis, saat ini masih menunggu petunjuk tekhnis. Namun, dimungkinkan besarannya seperti dengan sebelumnya. 

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno dalam sambutannya mengatakan rakor persiapan pembentukan KPPS digelar agar PPK dan PPS dapat memperhatikan kompetensi kepemiluan, pengalaman kepemiluan, Regenerasi, aspek kesehatan. Sehingga, kedepannya lebih mudah dalam proses yang diperlukan nanti nya.

"Kami minta kepada PPS untuk bisa berkordinasi dengan lurah terkait pengisian KPPS, sehingga tidak ada lagi istilah perpanjangan karena sudah tercukupi kebutuhan. Kami juga meminta agar Dinas Pendidikan untuk ikut mensosialisasikan ke barisannya agar menghibahkan SDM yang ada demi suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak 2024," ujarnya.

BACA JUGA: Dengar Anggota KPPS di Tegal Sakit, Polres Lakukan Ini

BACA JUGA: Pemungutan Suara Ulang di Jawa Tengah Banyak Terjadi, KPPS dan PTPS Dinilai Teledor

Termasuk, kata Karyudi, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait pembuatan surat kesehatan agar lebih dimurahkan dan dimudahkan. Karena calon-calon kpps merupakan pejuang demokrasi sejati tumpuan suksesnya Pilkada ini.

Demikian informasi mengenai rencana pembukaan lowongan petugas KPPS Pilkada 2024 di Tegal. 

Kategori :