Posisi Jerawat Tumbuh Pertanda Gangguan pada Organ Tubuh, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Dr.Tirta

Rabu 11-09-2024,19:27 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.com- Dr. Tirta Mandira Hudhi yang merupakan seorang dokter dan juga pebisnis baru-baru ini menjelaskan ilmu mengenai jerawat yang belakangan ini sedang beredar. Mitos atau fakta jika tempat jerawat tumbuh menjadi pertanda adanya gangguan pada organ tubuh tertentu?

Penjelasan mengenai posisi atau letak jerawat memiliki penanda bahwa adanya gangguan pada organ tubuh tertentu akan diulas dalam tulisan berikut.  Seperti jika terdapat informasi bahwa adanya jerawat yang tumbuh di hidung dapat menandakan bahwa terdapat masalah pada organ jantung.

Informasi yang lain juga ada yang mengatakan bahwasannya jerawat pada dahi atau jidat menandakan bahwa adanya masalah pada sistem pencernaan anda.  Berdasarkan informasi-informasi tersebut, Dr.Tirta membeberkan fakta bahwa yang sebenarnya tidak ada kaitan antara posisi jerawat pada wajah dengan gangguan kesehatan pada organ tubuh.

Sebab yang sebenarnya menjadi penyebab tumbuhnya jerawat itu karena terdapat infeksi dari bakteri yang ada di wajah.  Dr.Tirta juga menjelaskan mekanisme proses munculnya jerawat di konten mitos atau fakta yang ada di akun Youtube-nya.

BACA JUGA: Produk Dokter Kulit Kalah, 3 Masker Wajah Alami Ini Efektif Bikin Minggir Jerawat dan Cerahkan Wajah

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan Murah untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Acne Fighter Wajib Tahu

Menurut dr. Tirta, Jerawat itu ada dikarenakan kulit itu kan ganti terus sel kulit yang baru, jadi ada penumpukan sel kulit mati. Di mana sel kulit mati itu bisa menyumbat folikel di kulit secara kasar. " Nah kalau ditambah bakteri, jadinya infeksi, infeksi ini yang disebut jerawat" katanya.

Dr.Tirta mengatakan terdapat dua penyebab munculnya jerawat yang seringkali terjadi yaitu karena keadaan wajah yang kurang bersih sehingga terdapat bakteri yang ada di wajah.  "jadi jerawat itu terjadi karena penumpukan sel kulit mati. Higienitas kulit tidak terjaga, akhirnya kena bakteri dan infeksi yang berakibat jerawat" ungkap Dr.Tirta

Selanjutnya Dr.Tirta memberikan gambaran mengenai proses munculnya jerawat di dahi.  Jerawat di dahi dapat muncul jika adanya sentuhan antara rambut yang terdapat banyak bakteri di wajah.

"Misal ada jerawat di dahi, karena ponu rambut ke sini terus, kemungkinan ada bakteri, penumpukan sel kulit mati nempel di sini, sehingga akan ada momen infeksi." kata Dr. Tirta.

BACA JUGA: 4 Jenis Makanan Murah untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Acne Fighter Wajib Tahu

BACA JUGA: Tak Sekadar Menghaluskan Kulit dan Hempaskan Jerawat, Ini 5 Manfaat Retinol untuk Wajah

Pada konten tersebut, Dr.Tirta juga memberikan saran bahwasannya jerawat tidak boleh dipencet menggunakan tangan.  Hal itu bisamenyebabkan kulit wajah menjadi rusak akibat bekas jerawat yang akan berubah menjadi bopeng.

"Kalau ada jerawat biarin, jangan dipencet karena akan jadi bopeng, karena tubuh punya mekanisme sendiri" ungkap Dr. Tirta. 

Selain itu, jerawat bisa disembuhkan dengan cara menggunakan skincare yang memiliki beberapa kandungan aktif khusus untuk jerawat secara rutin di pagi dan sore hari, dan jaga pola makan dengan memakan makanan yang mengandung vitamin.

Kategori :