Kapan Waktu Tepat untuk Ganti Oli Motor Matic Honda? Ini Rekomendasi Waktu dan Jenis Oli yang Terbaik

Kamis 12-09-2024,09:04 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com - Bagaimana tips memilih oli motor matic Honda? Motor matic Honda adalah salah satu kendaraan paling populer di Indonesia. 

Dengan desain yang praktis, irit, dan nyaman digunakan, motor matic menjadi andalan banyak orang untuk aktivitas sehari-hari. 

Meski begitu, merawat motor matic secara rutin sangat penting untuk menjaga performa mesin tetap prima, salah satunya adalah dengan mengganti oli motor matic Honda secara berkala. 

Namun, kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic Honda kalian? Berikut tips perawan mesin Honda dan cara memilih oli yang pas untuk motor Anda.

BACA JUGA: Cocok untuk Jarak Jauh, Ini Penyebab Honda BeAT 2024 Irit Bahan Bakar

BACA JUGA: Daftar Harga Honda ADV 160 2024 ABS dan CBS per September 2024

Pentingnya ganti oli secara berkala

Oli memiliki fungsi yang sangat krusial bagi mesin motor. Selain melumasi bagian-bagian dalam mesin agar tidak cepat aus, oli juga membantu menurunkan suhu mesin serta membersihkan kotoran yang mungkin terbawa saat proses pembakaran.

Itulah sebabnya, mengganti oli secara rutin adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Seringkali, pemilik motor matic mengabaikan hal ini karena merasa motor masih dalam kondisi baik.

Padahal, tidak mengganti oli tepat waktu bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin, yang tentunya akan memerlukan biaya perbaikan yang jauh lebih mahal. Jadi, daripada menunggu sampai terjadi kerusakan, lebih baik ganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli 

Untuk kalian yang menggunakan motor matic Honda, waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada seberapa sering kalian menggunakan motor serta jenis medan yang sering kalian lalui. Berikut beberapa panduan umumnya.

BACA JUGA: Resmi! Ini 9 Rekomendasi Aksesoris Honda Scoopy 2024 yang Bikin Tambah Menawan

BACA JUGA: Ini Bahaya Lampu Indikator Aki Matic Honda Menyala, Bagaimana Solusinya?

Kategori :