Tips Servis Motor Honda di Rumah, Apa Saja yang Harus di Cek?

Minggu 08-09-2024,16:23 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.com - Melakukan servis motor Honda sendiri di rumah bisa menjadi cara yang hemat dan praktis untuk menjaga performa motor tetap optimal. 

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua komponen motor bisa ditangani sendiri, terutama jika Anda tidak memiliki pengetahuan mekanik yang memadai. 

Ada beberapa langkah dasar yang dapat dilakukan untuk perawatan rutin, tetapi jika menemui masalah yang lebih kompleks, sebaiknya percayakan kepada mekanik profesional. 

Nah, di artikel ini, saya akan memberikan tips perawatan servis motor Honda yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, lengkap dengan poin-poin penting yang harus diperhatikan, agar motor Anda tetap prima dan nyaman digunakan.

BACA JUGA: 7 Tanda Busi Motor Honda Perlu Segera Diganti, Apakah Motor Anda Mengalami Gejala seperti Ini?

BACA JUGA: Diskon Honda PCX 160 September 2024 Mulai dari 1,4 Jutaan, Bisa Cek di Sini

Tips servis motor Honda

1. Ganti Oli Motor

Mengganti oli motor adalah langkah dasar yang harus dilakukan secara rutin. Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga komponen-komponen di dalamnya tidak cepat aus. Untuk melakukan penggantian oli sendiri, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Gunakan oli yang sesuai

Setiap motor memiliki rekomendasi oli tersendiri. Pastikan Anda memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Honda Anda.

  • Periksa filter oli

Sebelum memasukkan oli baru, cek terlebih dahulu filter oli. Jika kondisinya sudah terlalu kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru agar aliran oli tetap lancar.

  • Waktu penggantian

Biasanya, oli perlu diganti setiap 2000-3000 km, tergantung pemakaian. Jika sering digunakan untuk perjalanan jauh atau sering terjebak macet, sebaiknya lebih sering menggantinya.

BACA JUGA: Ada Motor Klasik Baru! Ini Bocoran Spesifikasi Honda CGX 150 yang Siap Saingi Kawasaki W175

BACA JUGA: Harga Motor Bekas Honda BeAT Dijual Segini, Pas buat Antar Jemput Anak Sekolah

Kategori :