Tancap Gas, DPRD Brebes Mulai Susun Tata Tertib dan Panja

Kamis 05-09-2024,05:44 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BREBES, radartega.com - DPRD Kabupaten Brebes menggelar rapat paripurna penting, Rabu 4 September 2024. Beberapa pembahasan dibahas oleh anggota dewan yang baru dilantik beberapa pekan tersebut.

Agenda utama yakni pembentukan dan penetapan susunan keanggotaan Panitia Kerja (Panja). Pembahasan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Brebes.

 

Panja ini bertugas untuk menyusun Rancangan Peraturan DPRD Kabupaten Brebes tentang Tata Tertib (Tatib) yang akan menjadi pedoman bagi seluruh anggota dewan dalam menjalankan tugasnya hingga lima tahun kedepan. 

 

Rapat tersebut dihadiri oleh sekuruh fraksi yang ada di DPRD Brebes. Hasilnya, dalam rapat paripurna itu berhasil menetapkan susunan keanggotaan Panja yang terdiri dari perwakilan berbagai fraksi di DPRD Brebes. Ketua Panja Penyusun Tatib DPRD Brebes Sukirso dan Wakil Ketua Tobidin Sarjum. 

 

Tatib harus lebih responsif

 

Ketua Sementara DPRD Brebes, Didi Tuswandi mengatakan, harapan besar agar tatib yang akan disusun dapat lebih responsif terhadap dinamika politik dan kebutuhan masyarakat Brebes.

 

"Harapan kami adalah agar tatib yang baru ini tidak hanya menjadi formalitas, tetapi juga menjadi pedoman yang nyata dalam meningkatkan kualitas kerja DPRD. Kita harus lebih responsif dan adaptif terhadap perubahan zaman serta kebutuhan masyarakat," ujarnya.

 

Dalam penyusunan tatib ini, kata dia, merupakan momentum penting bagi DPRD Brebes untuk merefleksikan kinerja sebelumnya dan melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Sehingga efektivitas tugas menjakankan fungsi sebagai wakil rakyat. 

 

Menurutnya, dengan tatib yang lebih baik, DPRD akan mampu menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan dengan lebih efektif.

 

Susunan panja

 

Susunan panja yang baru terbentuk ini diharapkan dapat bekerja secara maksimal dalam menyusun tatib yang sesuai dengan aspirasi masyarakat dan kebutuhan kelembagaan DPRD. 

 

Dalam hal ini, dia menekankan bagaimana pentingnya kolaborasi antar anggota Panja agar hasil yang dicapai nantinya dapat diterima oleh semua pihak. Sehingga bermanfaat bagi semuanya.

 

Dengan terbentuknya panja ini, proses penyusunan tatib DPRD Kabupaten Brebes kini memasuki tahap yang lebih konkret dan diharapkan akan selesai tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

 

"Setelah tatib disepakati oleh seluruh fraksi, untuk kemudian sebelum ditetapkan dalam paripurna nanti kita koordinasikan dengan dengan bagian hukum OTDA Pemprov Jateng," pungkasnya.

Kategori :