Komunitas Masyarakat Minta Kematian Dokter Muda RSUD Kardinah Tegal Diusut Tuntas

Senin 02-09-2024,19:05 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Kematian Dokter Muda RSUD Kardinah Tegal Aulia Risma Lestari yang belakangan ini menyita perhatian publik diminta diusut hingga tuntas. Itu, disampaikan kelompok masyarakat Kota Tegal yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 1 (Ikasma) Tegal, Dr Tafakurrozak mengatakan pihaknya mendukung langkah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam mengusut dugaan perundungan yang dialami almarhumah. Pasalnya, almarhumah merupakan mahasiswi kedokteran PPDS anestesi Universitas Diponegoro (Undip), putri daerah Tegal yang sangat berprestasi.

"Almarhumah merupakan alumni SMAN 1 yang dikenal pintar dan berprestasi. Itu, ditunjukkan dengan amanah yang diterimanya untuk menempuh promosi dokter spesialis," katanya.

Menurut Tafakurrozak langkah Kemenkes menindak praktik dan pelaku perundungan dalam program dokter spesialis sangat tepat. Selain itu, juga mendukung tindakan tegas Kemenkes dalam menangani dugaan kasus perundungan.

BACA JUGA: Gelar Perkara Kematian Dokter Muda RSUD Kardinah Tegal Disebut Menkes Bakal Digelar Hari Ini

BACA JUGA: Kematian Dokter Muda RSUD Kardinah Tegal Viral, Pihak Keluarga Angkat Bicara dan Bantah Hal Ini

"Termasuk dengan langkah-langkah yang sudah diambil. Seperti menghentikan program anestesi Undip di RSUP Dr Kariadi," ujarnya.

Tafakurrozak mengungkapkan dirinya bersama jutaan masyarakat Tegal se-Jabodetabek mendukung langkah tegas yang ditempuh Kemenkes bersama Kepolisian. Semua yang sudah dilakukan, termasuk penghentian sementara aktivitas klinis Dekan universitas yang dimaksud.

"Kemenkes dan Kepolisian dapat melakukan investigasi terhadap yang bersangkutan. Selaku penanggung jawab dari kegiatan para mahasiswanya," terangnya. 

Ditambahkannya, aktor intelektual di balik kejadian itu harus bertanggung jawab. Jangan sampai ada show of force, yang justru dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik. 

BACA JUGA: Sebelum Ditemukan Meninggal, Dokter Muda Aulia Risma Lestari Dikenal Cerdas dan Berdedikasi

BACA JUGA: Kematian Dokter Muda RSUD Kardinah Tegal Mendapat Respon Menkes: Ini Harus Diselesaikan

"Karenanya, kami sepenuhnya bersama Kemenkes dalam rangka menuntaskan kasus perundungan. Karena hukum harus ditegakkan seadil-adilnya dan setransparan mungkin,” pungkasnya. 

Demikian informasi terkait harapan masyarakat yang meminta agar kematian dokter muda RSUD Kardinah Tegal diusut hingga tuntas. Sehingga, aktor sebenarnya bisa bertanggungjawab.

Kategori :