Pengetahuan #Cari_Aman, Kenali Cara Aman saat Melintas di Bundaran

Rabu 28-08-2024,07:46 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Berikut cara aman yang sebaiknya dilakukan dalam berlalu lintas, ketika bikers melilintas di bundaran: 

1. Kendaraan yang sudah berada di dalam bundaran memiliki prioritas. Berikan ruang yang cukup bagi mereka untuk melanjutkan perjalanan.

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman Biker Menghadapi Sepeda Listrik, Jangan Bunyikan Klakson Terus Menerus

BACA JUGA: Lebih Ringan 3 Kg, All New Honda BeAT Semakin Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi #Cari_Aman

2. Sebelum memasuki bundaran, berikan sinyal yang jelas mengenai arah tujuan, ini akan membantu pengendara lain memahami niat Anda.

3. Jaga kecepatan kendaraan tetap rendah saat memasuki dan berada di dalam bundaran. Kecepatan rendah akan memberikan waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi situasi darurat.

4. Pilih lajur yang sesuai dengan tujuan sebelum memasuki bundaran. Pastikan Anda sudah berada di lajur yang benar sebelum keluar dari bundaran.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak aman akan memberikan Anda waktu untuk bereaksi jika terjadi pengereman mendadak.

BACA JUGA: Tips #Cari_aman Menyalip dengan Benar, Keinginan yang Perlu Dikendalikan

BACA JUGA: Terapkan #Cari_Aman Berkendara dengan Perawatan Motor Berkala

“Mengutamakan keselamatan tidak hanya memiliki kemampuan berkendara yang cakap, mematuhi aturan berlalu lintas, beretika, disiplin, dan menggunakan perlengkapan serta kendaraan yang aman,"  pesan Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah,  Oke Desiyanto .

"Namun perlu juga mengetahui fungsi dan tujuan perangkat atau alat bantu pengendali lalu lintas. Kemudian memanfaatkaannya,” tambah Oke lagi. 

Itrulah informasi mengenai  cara aman saat melintas di bundaran, sehingga ketika berkendara tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Kategori :