Begini Cara Menghapus Data Aplikasi Pinjol, Selamatkan Data Pribadi Anda

Rabu 18-09-2024,17:02 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Teguh Mujiarto

radartega.com - Hingga saat ini banyak sekali masyarakat menggunakan aplikasi pinjol sebagai solusi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Namun, seringkali terjebak dalam jeratan pinjol ilegal yang terkadang membuat resah.

Namun, jika anda sudah tidak lagi ingin berurusan dengan aplikasi pinjol tersebut, entu saja anda bisa menghapus data pribadi anda dari aplikasi pinjol tersebut. Itu, dilakukan untuk mengamankan data pribadi Anda agar tida disalahgunakan. 

Sebelum mengajukan pinjaman online, tentunya anda harus menyertakan data pribadi seperti KTP dan foto selfie. Sayangnya data tersebut bisa disalahgunakan jika data kita masih tersimpan di aplikasi pinjol tersebut yang mengakibatkan mendapat tagihan walaupun pinjaman sudah lunas.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus data data anda secara permanen agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, Anda akan hidup nyaman tanpa gangguan dari pinjol.

BACA JUGA: Jangan Kalah Mental, Ikuti Cara Mudah Membedakan DC Pinjol Resmi atau Palsu Agar Terhindar dari Penipuan

BACA JUGA: Ciri-ciri Pinjol Ilegal yang Kerap Menjebak Nasabahnya dengan Bunga Tinggi

Tutorial Hapus Data Pada Aplikasi Pinjol Secara Permanen

Sebelum anda menghapus data pribadu di aplikasi pinjol, sebaiknya anda harus memenuhi syarat dengan melakukan pelunasan terlebih dahulu. Berikut cara untuk menghapus data aplikasi pinjol:

  1. Hapus data lewat aplikasi pinjol. Buka aplikasi pinjol lalu pilih opsi hapus atau reset data pengguna yang terdapat di menu pengaturan aplikasi yang memungkinkan untuk menghapus atau mereset aplikasi secara menyeluruh.
  2. Hapus Aplikasi Pinjol. Saat anda sudah tidak membutuhkan aplikasi pinjol, anda bisa menguninstall aplikasi tersebut dari smartphone anda agar semua data yang terkait dapat terhapus dari aplikasi pinjol.
  3. Hubungi Call Center Pinjol. Anda bisa menghubungi call center pinjol dan mengajukan permintaan untuk menghapus data pribadi anda dari sistem aplikasi pinjol.
  4. Hubungi Otoritas Keuangan. Selanjutnya anda dapat menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminta bantuan agar dapat menghapus data pribadi anda dari aplikasi pinjol yang terkait.

Menghapus Data Aplikasi Pinjol Pada Handphone (Hp)

  1. Buka aplikasi pinjol yang ada di Hp anda.
  2. Buka oengaturan dan pilih akun.
  3. Selanjutnya pilih hapus informasi pribadi atau tutup akun.
  4. Data berhasil dihapus.

Itulah cara untuk menghapus data pribadi di aplikasi pinjol yanag bisa Anda terapkan agar data pribadi Anda aman serta tidak disalahgunakan. Selamat mencoba. 

Kategori :