Jadi Irup Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Pj. Walikota Tegal Ajak Masyarakat Kuatkan Komitmen

Sabtu 17-08-2024,17:59 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) digelar di Jalan Pancasila, Sabtu 17 Agustus 2024 siang. Pada kesempatan itu, Pj Walikota Tegal Dadang Somantri bertindak sebagai inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Dadang Somantri mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa mengambil peran yang strategis. Dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Marilah kita saling menguatkan komitmen untuk bergotong royong, berkolaborasi dan bersinergi melintasi tantangan. Serta menghadapi berbagai perubahan untuk mewujudkan kemajuan bangsa demi terciptanya Indonesia Emas 2045,” katanya.

Selanjutnya, Dadang membacakan Sambutan Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. Dalam sambutannya itu, Nana mengatakan 17 Agustus 1945, adalah titik poin dari waktu ratusan tahun perjuangan rakyat Indonesia yang dengan susah payah melepaskan diri dari belenggu penjajahan. 

BACA JUGA: Pj Walikota Tegal Terima Audiensi PD Aisyiyah, Ini Hasilnya

BACA JUGA: Ikut Jateng Fair 2024, Stand Pemkot Tegal Raih Penghargaan Terbaik Kedua untuk Kategori Ini

"Saat itu, semua daya upaya dikerahkan, semua elemen bersatu. Menjadi kekuatan-kekuatan yang tak pernah berhenti melakukan perlawanan terhadap para penjajah," katanya.

Nana Sudjana juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan pembangunan di segala bidang. Dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

“Kita implementasikan nilai-nilai pancasila dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Nana Sudjana.

Selanjutnya, Nana mengingatkan jika pada 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan Pilkada serentak untuk memilih gubernur dan bupati/wali kota. Karenanya, dirinya mengajak agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya.

BACA JUGA: Dekatkan Akses, Pemkot Tegal Didorong Segera Terapkan Integrasi Layanan Primer

BACA JUGA: Ketentuan Baru Apel Pagi di Pemkot Tegal, Setiap ASN Wajib Isi Tanda Tangan Manual

Menurut Nana, pada pemilu Februari 2024 yang lalu, tingkat partisipasi pemilih di Jawa Tengah cukup tinggi. Yaitu mencapai 82,5 persen melebihi target nasional 79.5 persen. Itu, merupakan kesuksesan bersama, di mana salah satu indikator sukses pemilu adalah tingginya partisipasi masyarakat.

"Kita berharap kesuksesan tersebut dapat terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan pada Pilkada serentak November mendatang," terangnya.

Nana menambahkan, memasuki momentum Pilkada, ada tiga point yang perlu diingat. Pertama, seluruh masyarakat Jawa Tengah adalah satu bangsa yang bersaudara. 

Kategori :