Puluhan Hektar Tambak di Pesisir Brebes Diterjang Rob

Jumat 16-08-2024,17:23 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Sedikitnya pilihan hektar lahan tambak di dua desa pesisir Kecamatan Losari diterjang banjir rob karena abrasi di desa setempat. Kedua desa tersebut yakni Desa Prapag Lor dan Desa Prapag Kidul.

 

Kepala Desa (Kades) Prapag Lor, Kecamatan Losari Fakhruddin Andes Raka mengatakan sejak beberapa tahun terakhir jumlah tambak yang terdampak banjir rob di desanya mengalami penambahan. Dan data terakhir, kurang lebih ada 47,7 hektar lahan tambak yang terdampk akibat banjir rob.

 

"Data yang terakhir kami dapat total ada 47,7 hektar lahan tambak di Prapag Lor yang terdampak banjir rob," ujarnya.

 

Dia menururkan, untuk mencegah abrasi dan banjir rob, pihaknya telah berupaya meminta bantuan baik ke pemerintah daerah dan kementerian. Namun, hingga saat ini belum ada realisasinya.

 

BACA JUGA: 211 Kilometer Saluran Tambak di Pesisir Brebes Rusak, Persentasenya Mencapai 74,17 Persen

 

BACA JUGA: 1000 KK di Brebes Terdampak Banjir Rob, 800 Hektare Tambak Terrendam

 

"Kami sudah mengusulkan bantuan ke Pemda Brebes dalam hal ini Dinas Perikanan, namun belim terealisasi," terangnya.

 

Dalam beberapa minggu yang lalu, lanjutnya, pihaknya telah mengirim surat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Surat tersebut berisi tentang permohonan bantuan tanggul pemecah ombak, tanggul pantai dan penanganan rob di Brebes, khususnya di Kecamatan Losari.

 

"Semoga usulan kami yang kami kirim ke Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat direalisasi. Sehingga, jumlah tambak yang terdampk akibat abrasi bisa terus ditekan," terangnya.

 

Hal senada juga disampaikan Kades Prapag Kidul Ella Sugiarto. Ella menyebutkan di desanya total ada 32 hektar lebih tambak di desanya terdampak akibat abrasi atau terdampak banjir rob.

 

"Jumlah tersebut tersebar dibeberapa blok. Dan data tersebut terus kami update sebagai pembaharuan," tingkatnya.

Kategori :