Harga Cabai di Brebes Alami Kenaikan, Ternyata Ini Penyebabnya

Rabu 14-08-2024,19:46 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Harga cabai di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Brebes terus mengalami kenaikan. Kenaikan yang dialami komoditas cabai tersebut lantaran pasokan yang sudah menipis.

Di Pasar Induk Brebes misalnya. Pantauan di lapangan, Selasa 14 Agustus 2024 siang pukul 13.00 WIB harga cabai mengalami kenaikan. Salah satu yang paling tinggi harganya saat ini ada di komoditas cabai rawit merah.

 

Di Pasar Induk Brebes, cabai merah naik dari semula Rp45 ribu menjadi Rp60 ribu per kg.  Salah seorang pedagang sayur Sairoh mengatakan, selain cabai rawit merah yang naik, kenaikan harga juga terjadi pada cabai kriting.

 

Pada Selasa kemarin, cabai merah keriting masih pada Rp33 ribu. Sehari berikutnya pada Rabu ini naik Rp2000 menjadi Rp35 ribu per kg.

 

BACA JUGA: Tembus Rp90 Ribu, Harga Cabai Rawit Setan di Kabupaten Pemalang Mulai Berangsur Turun

 

BACA JUGA: Jelang Lebaran Harga Cabai, Ayam dan Bawang Merah di Tegal Kompak Naik

 

"Paling tinggi itu cabai setan (rawit merah). Kamarin Selasa masih Rp45 ribu sekarang Rp60 ribu per kilo. Cabai lain yang naik hanya cabai merah keriting dari Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu," ungkapnya kepada wartawan.

 

Sementara otu, ada sejumlah komoditas cabai lainnya yang masih bertahan. Diantaranya, cabai merah besar, cabai hijau besar dan rawit hijau. Di pasar ini, cabai merah besar harganya Rp25 ribu, cabai hijau besar Rp20 ribu dan rawit hijau Rp25 ribu.

 

"Yang masih ajeg, cabai merah besar, hijau sama rawit hijau. Sejak kemarin sampai hari ini tetap," terangnya.

 

Pedagang ini tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikkan harga dua jenis cabai tersebut. Namun, lanjut dia, yang pasti pasokan dua jenis cabai tersebut makin hari makin menipis.

 

BACA JUGA: Harga Cabai di Kabupaten Tegal Naik Tembus Rp80 Ribu per Kilogram, Ayam Potong Rp40 Ribu

 

BACA JUGA: Makin Pedas, Harga Cabai Merah Keriting Tembus Rp86 Ribu per Kilogram Jelang Ramadhan

 

"Biasa dapt kiriman sampai 10 kg, hari ini cuma dapat 3 kg. Itu pun sudah banyak yang mulai keriput. Katanya dari sananya sudah sedikit," ucapnya.

 

Kepala Pasar Induk Brebes, Ali Nurokhman saat dikonfirmasi awak media membenarkan naikny harga cabai. Dia menjelaskan, saat kemarau, pasokan cabai selalu menipis. Hal ini berbeda dengan bawang merah yang sedang melimpah.

 

"Setiap kemarau pasokan sedikit, jadi harga naik. Sementara bawang merah meningkat sehingga harga turun," pungkasnya.

Kategori :