5 Kesalahan Umum dalam Merawat Mobil Listrik dan Cara Menghindarinya Agar Kesayangan Tetap Prima

Sabtu 03-08-2024,14:19 WIB
Reporter : Raihanaisya Jasmine Pangestika
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id - Mobil listrik semakin populer di kalangan masyarakat berkat keunggulannya dalam hal efisiensi energi dan ramah lingkungan. Namun, seperti halnya kendaraan lain, pengetahuan mengenai merawat mobil listrik yang tepat sangat diperlukan.

Tujaunnya agar mobil listrik yang kita gunakan tetap berfungsi dengan baik. Sayangnya, banyak pemilik yang belum paham cara merawat mobil listrik.

Karena itu, beberapa di antara mereka masih melakukan kesalahan dalam merawat mobil listrik. Apa sajakah kesalahan umum itu?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di sini akan ada ulasan mengenai kesalahan umum dalam merawat mobii lstrik.

Pastikan untuk menyimak baik-baik ulasan mengenai kesalahan umum dalam merawat mobil listrik. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Intip Biaya Perawatan AC Mobil dan Suku Cadangnya, Mulai dari Rp50 Ribu

BACA JUGA: Rahasia Perawatan Mobil Paling Tepat, Buat Mobil Anda Punya Nilai Jual Tinggi

Kesalahan umum dalam merawat mobil listrik dan cara menghindarinya 

1. Mengabaikan Perawatan Baterai

Baterai adalah komponen paling vital dalam mobil listrik dan kesalahan umum pertama adalah mengabaikan perawatan baterai. Seringkali, pemilik mobil listrik tidak memperhatikan suhu baterai dan mengisi daya dalam kondisi yang tidak ideal.

Padahal baterai lithium-ion sangat sensitif terhadap suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin dapat merusak baterai dan mengurangi kapasitasnya secara signifikan. Untuk menghindari kesalahan ini, selalu pastikan mobil Anda diparkir di tempat yang tidak terlalu panas atau dingin.

Gunakan fitur manajemen suhu baterai jika tersedia, dan hindari mengisi daya baterai hingga 100% atau membiarkannya terlalu rendah. Idealnya, baterai sebaiknya diisi daya hingga sekitar 80-90% dan tidak dibiarkan turun di bawah 20%.

2. Tidak Memeriksa Sistem Pendingin

Kesalahan kedua dalam merawat mobil listrik yang sering terjadi adalah mengabaikan sistem pendingin pada mobil listrik. Padahal sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu komponen utama seperti motor listrik dan baterai.

Kategori :