PT Djarum Bedah 10 Rumah Warga Pemalang, Atasi Kemiskinan Ekstrim

Jumat 02-08-2024,08:49 WIB
Reporter : Taufiq Ismail
Editor : Zuhlifar Arrisandy

PEMALANG, radartegal.id - PT Djarum turut serta dalam program Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng guna menyukseskan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Program bertajuk Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) berupa pembiayaan renovasi atau bedah rumah milik 10 keluarga tidak mampu Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Serah terima unit Rumah Sederhana Layak Huni dilaksanakan di Balaidesa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang pada Kamis 1 Agustus 2024.

Deputy GM Corporate Community Development PT. Djarum, Achmad Budiharto mengungkapkan, untuk menyukseskan program RSLH, PT Djarum telah mengalokasikan anggaran hingga Rp530 juta.

“Anggaran 530 juta akan dipergunakan sebagai biaya renovasi 10 rumah di Pemalang pada semester pertama tahun 2024 dan semua telah memenuhi tiga persyaratan dasar yakni “Aman, Sehat, dan Nyaman”,” tutur Budiharjo.

Menurutnya, Aman artinya rumah sederhana layak huni harus aman secara pondasi dan konstruksi, Sehat dari sisi kesehatan sudah memiliki pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik.

“Nyaman juga untuk para penghuninya, sehingga dapat melakukan hal-hal yang bersifat produktif dan membuahkan perbaikan ekonomi bagi keluarga tersebut,” tambah Budiharjo.

Dengan pilihan material terbaik, bangunan ini dapat bertahan dalam kurun waktu minimal 10 tahun sehingga dapat menjadi tempat bernaung yang aman bagi seluruh keluarga.

Sebelumnya, PT Djarum telah melakukan renovasi atau membangun ulang sebanyak 160 rumah di berbagai kabupaten di Jawa Tengah.

Pada tahun 2022, program ini telah menyasar empat kabupaten yaitu Kabupaten Pemalang dengan merenovasi 10 unit   rumah, kemudian Kudus untuk 10 unit rumah, Rembang ada 5 unit rumah dan Demak ada 10 unit rumah.

Selanjutnya pada 2023 di tiga kabupaten yaitu di Kudus ada 25 unit rumah, Grobogan ada 5 unit rumah, dan Blora 5 unit rumah.

“Tahun 2024 ini,   PT Djarum   telah merenovasi 90 unit rumah yaitu di Kudus sebanyak 80 unit rumah dan Pemalang 10 unit rumah,” pungkas Budiharjo.

Kategori :