Pilih Bela Timnas Indonesia atau Australia? Inilah Jawaban Resmi Matthew Baker

Kamis 01-08-2024,13:02 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Khikmah Wati

Matthew Baker mungkin mempunyai pilihan untuk memilih Australia daripada Indonesia. Karena dia  merupakan keturunan Indonesia dari ibu yang memiliki kelahiran Jakarta.

Sementara itu, nama tengahnya, Sitorus, mengungkap bahwa pemain tersebut juga memiliki darah Batak. Penggemar sepak bola Indonesia pun berharap Matthew Baker terus melindungi dan memperkuat Timnas Garuda Asia.

Apalagi, kekuatannya dan skill yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat lini pertahanan Timnas U-16 Indonesia. Saat Matthew Baker mengetahui namanya dipanggil ke Australia, ia langsung mengunggah fotonya ke media sosial pribadinya.

Foto itu diambil di Stadion Manahan usai membela Timnas Indonesia U-16 di Piala ASEAN U-16 2024.  Matthew Baker tidak menuliskan caption apapun pada unggahannya. Namun, berdasarkan foto yang diposting, Matthew Baker nampaknya mengisyaratkan bahwa ia lebih memilih Indonesia dibandingkan Australia.

BACA JUGA: Persiapan dan Strategi Khusus Timnas Vs Malaysia dalam Piala AFF U-19, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

BACA JUGA: Timnas Indonesia Semakin Kuat, 3 Kiper Naturalisasi Merapat

Sementara itu, Nova Arianto langsung menemui orang tua dari Matthew Baker. Pertemuan dilakukan secara online untuk mengetahui apakah sang pemain ingin membela Indonesia atau Australia.

"Saya dijadwalkan bertemu dengan Matthew Baker dan keluarganya sore ini, jadi mohon tunggu sebentar.  Komunikasinya hanya sebatas membahas program masa depan timnas U-17 Indonesia dan komitmen Baker terhadap Indonesia,” dalam sumber MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis, 1 Agustus 2024.

Di sisi lain, Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco PSSI) Arya Sinuringga membenarkan Matthew Baker akan tetap memilih Inonesia.  Ia bahkan sampai mengatakan bek kiri tersebut akan mengikuti TC Timnas Indonesia U-17 yang rencananya digelar di Bali.

"Dia (Matthew Baker) akan terus mengikuti Timnas kami di Bali mulai 1 Agustus sesuai undangan.  Jadi, PSSI sudah bicara dengan keluarga dia (Baker) dan mereka bertekad bertahan bersama kami," kata Arya.

BACA JUGA: Sempat Cari Kesalahan, Pelatih Malaysia U-19 Ungkap Kelebihan Timnas U-19 di Pertandingan Piala AFF

BACA JUGA: Hati-hati Timnas Indonesia, Filipina Sedang Naturalisasi Lagi 7 Pemain dari Eropa dan Amerika

Dengan begitu, masyarakat Indonesia terutama pecinta sepakbola tanah air pasti akan merasa lega. Pasalnya, walaupun Matthew Baker masih berkesempatan menjalani TC bersama Timnas Australia U-17, ia tetap setia dengan Timnas Garuda Merah Putih.

Demikian informasi mengenai pemain internasional Indonesia Matthew Baker saat dipanggil untuk membela Timnas TC Australia U-17. Semoga kabar ini semakin membuat semangat Timnas Indonesia dan para pecinta sepakbola tanah air.

Kategori :