Jalan Kabupaten Rampung Diperbaiki, Warga di Brebes Gelar Syukuran

Minggu 28-07-2024,19:32 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Ratusan warga di Duaun Sibajag, Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba menggelar syukuran. Itu, karena jalan kabupaten di wilayahnya telah rampung diperbaiki.

Seperti diketahui, sejak tahun 90-an, ruas jalan kanupaten di desa teraebut   mengalami kerusakan parah dan tak pernah tersentuh perbaikan. Hingga, akhirnya tahun ini ruas jalan tersebut telah selesai diperbaiki.

 

Wargapun menggelar syuquran di ruas jalan kabupaten yang baru selesai diperbaiki itu. Sebab, akibat rusaknya jalan tersebut membut,transportasi pertanian, serta hasil tambak dan laut selama puluhan tahun milik warga setempat terganggu.

 

Tahun ini, ruas jalan yang memiliki panjang 3,5 kilometer itu diperbaiki. Anggaran yang dikucurkan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Sebesar Rp5,6 miliar. Dan sudah rampung.

 

BACA JUGA: Diperbaiki, Warga Luwungragi Brebes Gelar Syukuran Perbaikan Jalan yang Rusak

 

BACA JUGA: Syukuran, Polres Tegal Berbagi Kebahagiaan dengan 25 Tahanan Rutan Bratawirya

 

Warga pun menyambut gembira dengan suka cita dan rasa syukur setelah jalan rusak sejak puluhan tahun silam, akhirnya bisa dilalui dengan mulus yang diperbaiki dengan cor beton.

 

Bahkan, saat tradisi sedekah bumi digelar pada Jumat 26 Juli 2024 lalu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, meski terlihat sederhana, namun sangat bermakna bagi ribuan warga di desa setempat, karena jalan sudah bagus untuk dilalui sebagai aktivitas warga.

 

Bahkan, sebagai bentuk syukur, ratusan warga ini pun menggelar syukuran dengan membawa hasil bumi yang diolah menjadi makanan untuk disajikan dan disantap bareng-bareng oleh ratusan warga di tengah jalan yang sudah diperbaiki itu.

 

Nampak hadir dalam tasyakuran, anggota DPR RI Agung Widyantoro, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Brebes, termasuk Kabid Bina Marga DPU Brebes serta unsur Forkompimcam Bulakamba. Dan tokoh agama Ustad Dirjo yang memimpin doa tasyakuran.

 

BACA JUGA: Begini Pesan Bupati Tegal untuk 1.453 Guru Honorer yang Diangkat PPPK 2023 Saat Gelar Syukuran

 

BACA JUGA: Perpres Pesantren Disahkan Presiden, Ponpes Gelar Syukuran

 

Salah satu warga setempat, Yanto mengatakan, bahwa acara tasyakuran yang digelar sangat luar biasa. Apalagi tasyakuran secara outdoor dengan mengambil tema "Mangan Berkat Bareng Pejabat" sebagai bentuk syukur warga.

 

Apalagi ruas jalan dari Dukuh Bantarsari hingga menuju Bangsri sudah mengalami kerusakan sejak tahun -90an tidak pernah ditangani. Meski pihak desa sudah beberapa kali mengusulkan perbaikan jalan sejak lama.

 

"Alhamdulillah dengan aspirasinya pak Agung Widyantoro, jalan rusak di sini sudah diperbaiki. Makanya masyarakat disini sangat antusias dan mengucap banyak terima kasih," kata Yanto kepada awak media.

 

Apalagi sebagai masyarakat, warga di Desa Bangsri hanya bisa memberikan support, doa sehingga selama pekerjaan perbaikan dilakukan, bisa berjalan lancar dan baik. Hingga akhirnya perbaikan jalan itu bisa sesai.

 

BACA JUGA: Ganjar dan Jokowi Syukuran Bareng Ribuan Petani Perhutanan Sosial

 

BACA JUGA: Auto Kenyang! Tasyakuran HUT RI, 78 Tumpeng Disuguhkan Warga RT 15 Slawi Wetan Tegal

 

"Alhamdulillah pengerjaan perbaikan jalan ini sangat baik dan sesuai dengan harapan masyarakat. Kami berharap pak Agung bisa kembali memberikan aspirasinya untuk perbaikan jalan di sejumlah titik lainnya, yang masih memhalamy kerusakan dan belum diperbaiki," jelas Yanto.

 

Sementara Kepala Dusun (Kadus) Sibajag Al Habib Bastian mengakui, bahwa terselenggara acara sedekah laut, bumi dan tasyakuran pengecoran jalan, disambut masyarakat secara antusias, sehingga acara bisa berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. 

 

"Kami masyarakat Dusun Bantarsari dan Sibajag sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah, khususon kepada aspirator bapak Agung Widyantoro," jelas Bastian.

 

Apalagi ungkapnya,pengecoran jalan melalui anggaran DAK ini sangat  membantu kegiatan perekonomian masyarakat Dukuh Sibajag dan sekitarnya. Dikarenakan saat ini masyarakat bisa merasakan jalan mulus full 100% sejak berdirinya pedukuhan ini. 

 

BACA JUGA: Agustus, Perbaikan Jalan Kecipir-Blangko Kabupaten Brebes Ditarget Selesai

 

BACA JUGA: Sempat Terhenti Karena Lebaran, Perbaikan Jalan Balamoa-Pangkah Kabupaten Tegal Akhirnya Mulai Dilanjutkan

 

"Kami masyarakat meminta maaf apabila dalam pelaksanaan ada kekurangan, sesungguhnya kesempurnaan itu milik Allah SWT. Kami sekali lagi berterima kasih kepada pemerintah dan aspirator serta pelaksana dan seluruh leeding sektor yang ikut serta dalam perbaikan ini," terangnya.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Sutaryono melalui Kabid Bina Marga, Agus Pramono mengatakan, bahwa perbaikan jalan yang telah dilakukan di ruas jalan kabupaten ini, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Bangsri khususnya warga Dusun Sibajag.

 

"Pekerjaan ini sudah selesai sesuai target. Semoga perbaikan jalan ini bisa memperlancar perekonomian masyarakat sekitar," pungkasnya.

Kategori :