Jumlah Meningkat, 30 Hewan Peliharaan di Kota Tegal Diperiksakan ke Puskeswan Selama Bulan Juli

Sabtu 27-07-2024,11:54 WIB
Reporter : K Anam Syahmadani
Editor : Khikmah Wati

TEGAL, radartegal.id- Kesadaran pemilik hewan peliharaan untuk memeriksakan kesehatan kesayangannya nampaknya mulai meningkat. Sepanjang bulan Juli 2024 ini, sedikitnya 30 hewan peliharaan di Kota Tegal tercatat diperiksakan oleh pemiliknya ke Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Tegal yang berlokasi di Jalan Martoloyo Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur. 

Jumlah tersebut meningkat dibanding bulan sebelumnya yaitu sebanyak 27 hewan peliharaan di Kota Tegal. Berdasarkan data yang ada, mayoritas hewan peliharaan yang diperiksakan ke Puskeswan adalah kucing. Sisanya meliputi anjing, monyet, unggas, dan reptil. 

“Kucing yang diperiksakan ke Puskeswan biasanya mengalami gejala seperti tidak mau makan, lemas, lemah, lunglai, dan aktivitas menurun,” ungkap Kepala UPTD Veteriner dan RPH Kota Tegal Nuridin didampingi Paramedik Veteriner Anis Nabila saat diwawancarai Radar Tegal di Kantor Puskeswan, Jumat, 26 Juli 2024.

Puskeswan ini adalah bagian dari UPTD Veteriner dan RPH Kota Tegal yang berada di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal. Puskeswan dibentuk untuk menjaga kesehatan hewan. 

BACA JUGA: Penyakit Rabies Mengancam, Warga Batang Ramai-ramai Vaksinasi Hewan Peliharaan

BACA JUGA: Mitos Tidur dengan Kucing Bisa Mandul, Begini Penjelasan Kedokteran Hewan Amerika

Terutama hewan peliharaan di Kota Tegal atau hewan kesayangan yang banyak bersinggungan dengan manusia. 

“Ada beberapa penyakit yang bersifat zoonosis. Sehingga Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab menjaga kesehatan hewan yang dipelihara oleh orang,” kata dia.

Menurutnya, Puskeswan melayani pemeriksaan kesehatan hewan, kandungan, sterilisasi, operasi, dan lainnya. Saat ini perawatan yang dilayani adalah rawat jalan. 

Selain di Puskeswan, pelayanan diberikan dengan kunjungan ke kandang bagi masyarakat pemilik hewan yang membutuhkan pelayanan. Terutama hewan ternak seperti kambing atau sapi.

BACA JUGA: Kucing Hitam Identik Pembawa Apes, Ini 5 Mitos Hewan Pembawa Kesialan Beserta Artinya

BACA JUGA: Idul Adha, Petugas Juleha Potong Puluhan Hewan Kurban di RPH

Untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus mendatang, UPTD Veteriner dan RPH Kota Tegal yang memiliki empat dokter hewan mengagendakan kegiatan Pengobatan dan Vaksinasi Rabies Gratis. Pengobatan yang akan dilayani dalam kegiatan tersebut adalah pengobatan untuk penyakit ringan. 

Kategori :