3 Tahun Terakhir, Angka Harapan Hidup di Brebes Meningkat

Selasa 23-07-2024,06:45 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BREBES, radartegal.id - Selama kurun waktu tiga tahun terakhir, angka harapan hidup (AHH) di Kabupaten Brebes mengalami peningkatan. Terakhir, di 2023 lalu AHH Kabupaten Brebes mencapai 73,95 tahun.

 

Data tersebut merupakan hasil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Brebes.  Menurut Statistisi Muda BPS Kabupaten Brebes, Koriatun didampingi Statitisi Madya Hayyun Kartika, mengatakan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir AHH di Brebes mengalami kenaikan.

 

Yakni, dari kurun waktu 2021, 2022, dan 2023.  Di 2021 lalu, AHH di Kabupaten Brebes mencapai 73,65 tahun.

 

BACA JUGA: Anggaran Rehab RTLH Capai Rp17,195 Miliar, Dinperwaskim Kabupaten Brebes Target 940 Rumah

 

Kemudian AHH Brebes mengalami kenaikan pea 2022 lalu, yakni menjadi 73,80 tahun dan pada 2023 naik menjadi 73,95 tahun. 

 

"Untuk AHH di Kabupaten Brebes selama tiga tahun terakhir mengalami kenaikan," ujanrya, Senin 22 Juli 2024.

 

Dia menerangkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan AHH di Kabupaten Brebes. Mulai dari kesehatan ibu yang hamil, gizi saat hamil, dan kemudian pemberian imunisasi.

 

BACA JUGA: Minta Kuota PPPK Diperbanyak, Tenaga Honorer Kabupaten Brebes Ngadu ke Anggota DPRD

 

"Kemudian faktor fasilitas kesehatan yang mudah didapat oleh masyarakat kemudian ibu saat hamil menjadi salah satu faktor naiknya AHH di Kabupaten Brebes," terangnya sembari memperlihatkan hasil AHH yang dilakukan oleh pihaknya.

 

Dia menerangkan, kalau AHH tersebut merupakan gambaran dari tingkat kesehatan masyarakat di suatu daerah. Semakin baik pola hidup masyarakat, mak AHH di suatu daerah akan mengalami kenaikan.

 

"Itu tadi, saat ini layanan fasilitas kesehatan yang sudha banyak sehingga membantu meningkatkan AHH di Brebes," terangnya.

 

BACA JUGA: Agustus, Perbaikan Jalan Kecipir-Blangko Kabupaten Brebes Ditarget Selesai

 

Dia menambahkan, peningkatan AHH ini juga merupakan dukungan Pemkab Brebes dalam upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Di mana, di dalamnya termasuk peningkatan AHH yang menjadi indikator dalam peningkatan IPM.

 

"Jadi hasilnya AHH di Kabupaten terus naik. Dan harapannya ke depan akan lebih tinggi AHH di Brebes," terangnya.

 

Demikian informasi tentang angka harapan hidup (AHH) di Kabupaten Brebes, yang meningkat dalam tiga tahun terakhir. Semoga bermanfaat.

Kategori :