Harga Turun Drastis, Petani Bawang Merah di Brebes Pilih Simpan Hasil Panen

Rabu 17-07-2024,18:22 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Harga bawang merah di Kabupaten saat ini mengalami penurunan. Bahkan, harga bawang merah yang ukuran kecil ditingkat petani hanya dihargai Rp10 ribu per kilogram (Kg).

 

Turunnya harga bawang merah di Kabupaten Brebes dibenarkan oleh Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Dian Alex Chandra. Dia menuturkan, kalau harga bawanf saat ini sedang jatuh.

 

Dia menyebutkan, kalau harga bawang merah yang ukurannya kecil dihargai Rp10 ribu per kg, ukuran sesang Rp11 ribu per kg. Kemudian ukuran besar dikisaran Rp15 ribu per kg dan super Rp15 ribu per kg.

 

"Kalau untuk ukuran supwr cross harganya mencapai Rp17 ribu per kg dan export mencapai Rp21 ribu per kg," terangnya.

 

BACA JUGA: Jadi Buruh Rogolan Bawang Merah, Anak-anak di Brebes Dapat Uang Jajan Tambahan saat Liburan

 

BACA JUGA: Sempat Melonjak, ABMI Sebut Tren Harga Bawang Merah Turun Rp40 Ribu Sampai Rp50 Ribu

 

Alex menambahkan, harga bawang merah di Brebes sebelumnya mencapai Rp30 ribuan per kg. Beberapa hari terakhir mengalami penurunan hingga paling rendah dengan ukuran kecil mencapai Rp10 ribu per kg.

 

"Faktor turunnya harga bawang merah karena saat ini sedang panen raya dan stok banyak. Jadi alami penurunan," jelasnya.

 

Sementara itu, murahnya harga bawang membuat sejumlah petani bawang di Kabupaten Brebes memilih untuk menyimpan hasil panennya. Salah seorang petani bawang yang menyimpan hasil panennya yakni Wirjo.

 

Petani bawang merah asal Kecamatan Tanjung ini memilih menyimpan hasil panennya  dibandingkan untuk menjualnya. Selain harga murah, alasan lain dirinya menyimpan hasil panennya karena agar tidak usah beli bibit saat akan tanam kembali.

 

"Semunya saya simpan. Jadi nanti saat mau nanem lagi tidak usah beli bibit karena sudah punya," tukasnya.

Kategori :