Usung Tongkat Mantili, Perhiptani Kota Tegal Raih Juara Utama Krenova Tingkat Jawa Tengah 2024

Rabu 10-07-2024,15:40 WIB
Reporter : K Anam Syahmadani
Editor : Khikmah Wati

TEGAL, radartegal.id- Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kota Tegal berhasil meraih Juara Utama dalam ajang Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2024. Hal ini setelah perhimpunan tersebut mengusung inovasi berjudul Kompos BLT dan Tongkat Mantili sebagai Solusi Bagi Petani.

Krenova tingkat Jawa Tengah 2024 diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Jawa Tengah. Ajang ini diikuti 38 peserta dengan 38 judul dan acara Penganugerahan Pemenang diadakan di Alun-alun Cilacap, Selasa, 9 Juli 2024.

Setelah menjadi juara umum Krenova tingkat Jawa Tengah 2024, Perhiptani Kota Tegal akan menyempurnakan kualitas inovasi Kompos BLT dan Tongkat Mantili agar bisa bersaing dengan peserta lainnya dalam ajang Krenova Tingkat Nasional Tahun 2024. 

Selain menjadi juara umum Krenova tingkat Jawa Tengah 2024, Perhiptani Kota Tegal juga mendapatkan poin tertinggi dalam polling yang diadakan Badan Riset dan Inovasi Daerah Jawa Tengah yaitu sebanyak 13.300. Sehingga dinobatkan menjadi Juara Favorit. 

BACA JUGA: Buat Inovasi Saklar Custom DC-S024, SMKN 2 Kota Tegal Juara I Krenova Kota Tegal 2024

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Mahasiswa Poltek Harber Borong Juara Krenova Kota Tegal

Iswari Gunartingsih, penemu inovasi atau inventor Kompos BLT dan Tongkat Mantili sebagai Solusi Bagi Petani mengatakan, Kompos BLT (Bahari Langka Tunggale) adalah kompos yang terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dari bahan-bahan kompos lain. Yaitu dari tiga unsur daun meliputi daun gamal, ketapang, dan angsana. 

Apabila kompos lain membuat tanah menjadi gembur sehingga tanaman bisa berproduksi dengan optimal tetapi berdampak pada rumput tumbuh subur dan mengganggu tanaman utama, Kompos BLT mampu menggemburkan tanah sehingga tanaman bisa berproduksi optimal dan tidak menimbulkan efek negatif, yaitu rumput tidak tumbuh subur, sehingga tidak mengganggu tanaman utama. 

“Jika selama ini petani menanam sayuran dengan memakai kompos lain sayurnya subur dan rumputnya subur, dengan Kompos BLT, sayurnya subur, rumputnya tidak subur,” kata Iswari di Balai Penyuluh Pertanian Sumurpanggang, Jalan Ki Hajar Dewantara Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Rabu, 10 Juli 2024.

Sementara Tongkat Mantili (Mantap Teruji Sekali) adalah alat bantu untuk mengetahui kandungan unsur hara pupuk. Selama ini, petani tidak bisa mengetahui unsur hara pupuk, karena hanya tertera dalam tulisan. 

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Siswa SMPN 1 Adiwerna Tegal Juara Krenova Tingkat Kabupaten

BACA JUGA: Kreatif! Produk Daur Ulang Sampah Jadi Jawara Krenova Kota Tegal 2023

Dengan Tongkat Mantili berupa alat yang terbuat dari pipa, petani bisa mengecek kandungan unsur hara pupuk.

“Jika bolanya menyala terang, unsur hara bagus. Agak terang kurang bagus, dan tidak terang berarti tidak bagus,” ungkap Iswari.

Kategori :