7 Mitos Seputar Makanan yang Berkaitan dengan Kesehatan, Masih Banyak yang Salah Paham

Sabtu 15-06-2024,15:15 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

BACA JUGA: Mitos Tidur dengan Kucing Bisa Mandul, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Mirip dengan pernyataan mitos tentang durian dan air es tadi. Padahal, ini juga lebih banyak bersumber dari mitos tanpa dasar ilmiah yang kuat.

3. Makan Telur Mentah 

Mitos tentang makanan yang sering terdengar lainnya yaitu makan telur mentah. Misalnya mengonsumsi telur mentah seperti minuman yang dicampur merica dan lainnya.

Konon resep ini bisa menambah stamina atau kekuatan fisik secara signifikan. Mungkin di sebagian ada yang merasa begitu. Namun perlu Anda tahu tidak semua telur bisa dikonsumsi mentah dan bisa berisiko pada kesehatan pencernaan Anda.

4. Kacang Memicu Jerawat 

Kacang tanah konon bisa menyebabkan jerawat maupun masalah kulit lainnya. Namun, sebenarnya jerawat tidak serta merta dipengaruhi oleh kacang saja. Hal ini tergantung pada pola hidup seseorang dan belum ada pembuktian ilmiah antara kacang dan jerawat.

BACA JUGA: Mitos Benda Keramat di Indonesia, Miliki Aura Magis yang Membuat Pemakainya Memiliki Kekuatan Gaib

BACA JUGA: Mitos Tentang Mobil yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

5. Kopi dan Kesehatan 

Mitos seputar makanan yang berkaitan dengan kesehatan berikutnya yaitu konon kopi bisa memicu masalah jantung. Namun, sejumlah penelitian menunjukan jika minum kopi dalam jumlah moderat tidak berhubungan dengan risiko kesehatan jantung yang signifikan.

6. Makan Malam Terlalu Larut 

Ada juga yang menyebutkan bahwa makan malam terlalu larut bisa membuat peningkatan berat badan maupun masalah pencernaan. Padahal, kenaikan berat badan dipengaruhi oleh jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari, bukan hanya dari jam makan malam.

Sementara untuk masalah pencernaan mungkin bisa berisiko jika seseorang terlalu banyak makan malam, kemudian langsung tidur. Terlebih jika mengonsumsi makanan terlalu pedas sebelum tidur yang bisa makin berisiko membuat perut sakit di esok harinya.

7. Buah dan Lambung Kosong 

Kategori :