Lakukan 5 Cara Ini agar Terhindar dari Teror DC Pinjol, Poin Pertama Paling Urgent

Kamis 13-06-2024,08:57 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BACA JUGA: Nasabah Wajib Tahu! Ini Data yang Disadap oleh Pinjol Ilegal, Jangan Sampai Lengah

Siapa tahu, penyedia layanan bersedia menawarkan opsi pembayaran yang fleksibel atau rencana penyelesaian lainnya. Entah itu mengurangi bunga, denda atau keringanan lainnya.

4. Minta Bukti dan Rincian 

Cara bebas dari teror DC pinjol tentunya dengan memiliki bukti kuat soal percakapan yang dilakukan. Apalagi jika Anda diancam lewat telepon atau pesan teks, Anda bisa minta bukti yang menyatakan jumlah yang Anda harus bayar, serta rincian tentang klaim yang mereka buat. 

Hal ini terutama jika Anda diteror oleh pinjaman online ilegal. Jika mereka tidak dapat menyediakan bukti yang jelas, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan penasihat hukum.

5. Hentikan Komunikasi yang Mencurigakan 

Anda berhak untuk memutus komunikasi dari pihak yang sudah melakukan tindakan tidak etis kepada Anda. Salah satunya Anda bisa membuat "cease and desist letter" yang bisa Anda kirim kepada mereka. 

BACA JUGA: Idaman Kaum Galbay, Intip Daftar Pinjol yang Ada DC Lapangan Terbaru Juni 2024

Namun, jika mereka masih terus menghubungi Anda setelah Anda mengirim surat tersebut, Anda dapat menghubungi otoritas terkait atau konsultasi dengan pengacara. Jangan sampai Anda terus menerus berurusan dengan oknum tersebut.

Penutup

Cara agar terhindar dari teror DC pinjol tidaklah harus dengan kabur atau mengganti nomor. Jika Anda berurusan dengan pinjol ilegal, Anda bisa laporkan mereka ke pihak berwenang dengan bukti-bukti ancaman dan tindakan kurang menyenangkan lainnya.

Sementara itu, jika Anda berurusan dengan DC pinjol resmi dan mendapatkan praktik penagihan hutang yang melanggar aturan OJK, maka Anda bisa segera laporkan kepada lembaga keuangan tersebut.

BACA JUGA: Nasabah Galbay Harus Panik, DC Lapangan GoPay Pinjam Rupanya Sudah Tersebar di 5 Daerah Besar Ini

Jangan lupa untuk selalu waspada dengan skema penipuan dalam bentuk apapun yang melibatkan pinjaman online. Demikian 5 cara agar terhindar dari teror DC pinjol. 

Kategori :