5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

Selasa 28-05-2024,14:45 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id – Salah satu makhluk mitologi Orang Bati memiliki mitos terkenal di Maluku. Cerita tentang sosok ini sudah menjadi buah bibir warga setempat dalam waktu yang cukup lama.

Mitos makhluk mitologi Orang Bati di Maluku bahkan sudah terdengar sampai kalangan wisatawan luar daerah. Tidak sedikit yang sengaja mendatangi tempat yang dipercaya sebagai kediaman makhluk ini.

Ditambah lagi mitos menyebutkan bahwa makhluk mitologi Orang Bati di Maluku ini memiliki penampilan yang seram. Bahkan, ukurannya terbilang begitu besar dan muncul di waktu-waktu tertentu.

Selengkapnya berikut sejumlah mitos tentang makhluk mitologi Orang Bati di Maluku. Mulai dari ciri-cirinya sampai asal-usulnya yang sudah dipercaya sejak dulu.

BACA JUGA: 6 Mitos Burung Perkutut Bunyi di Malam Hari, Benarkah Pertanda Akan Datang Musibah?

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Ini 6 Hewan Penanda Makhluk Halus yang Beri Peringatan Adanya Entitas Lain

5 Mitos makhluk mitologi Orang Bati di Maluku

Orang Bati jadi salah satu mitos atau legenda dari budaya Indonesia. Hewan mitologi satu ini sering kali digambarkan sebagai makhluk mistis atau manusia purba dengan ciri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dari manusia biasa.

Bahkan, kehadiran sosok ini jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang untuk membuktikan kebenarannya. Berikut di antaranya mitos soal Orang Bati.

1. Asal-usul 

Asal-usul soal kehadiran hewan mitologi dari Maluku ini tidak jauh-jauh dari hal gaib dan roh. Warga percaya sejak dulu bahwa Orang Bati erat kaitannya dengan hal-hal berbau mistis, termasuk kehadirannya yang tidak bisa dilihat orang sembarang orang.

2. Penampilan dan Ciri Khas 

Orang Bati digambarkan dalam ciri-ciri dan penampilan yang tergolong mencolok, serta menyeramkan. Bahkan, makhluk ini seringkali disamakan dengan Ahool, yang merupakan salah satu makhluk mitologi serupa yang konon dipercaya tinggal di Gunung Salak.

BACA JUGA:  Mitos Mencukur Alis Katanya Bisa Melihat Hantu dan Tidak Bisa Tumbuh Lagi, Emang Iya?

BACA JUGA: Mitos Gunung Tampomas Banjarnegara, Kutukan 2 Cinta Sejoli yang Tidak Direstui

Kategori :